Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan ”Goyangan” Lembut Truk Hino Ranger 500 Terbaru

Kompas.com - 20/01/2015, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Goyangan Hino New Ranger 500 di kabin semakin lembut dengan suspensi kabin semi floating.

Bogor, KompasOtomotif – Setelah puas memandangi kabin dan mempelajari apa saja yang tersemat di dalamnya, KompasOtomotif tak sabar menjajal salah satu fitur yang diunggulkan, yakni suspensi untuk kabin yang menggunakan jenis semi floating.

Peredam kejut di luar suspensi pada roda ini berfungsi untuk meredam getaran, sekaligus membuat sopir tak banyak mengalami guncangan saat berada di jalan tidak rata.

Untuk membuktikan kenyamanan ini, HMSI membuat rintangan buatan di area tes di lapangan parkir Sirkuit Sentul. Rintangan pertama adalah tali tambang besar-besar disusun berjajar, seolah menciptakan guncangan kecil. Yang kedua, berupa hambatan tak simetris untuk menguji ”goyangan” di kabin.

Setelah mencoba tiga tipe, yakni New Ranger 500, Ranger model lama, dan kompetitor, goyangan di kabin pada New Ranger paling lembut. Membawa beban seberat 15 ton di bagian kargo terasa sangat stabil dan tidak ”terlempar” dari jok meski diguncang.

Inilah yang dianggap sebagai salah satu faktor penunjang kenyamanan untuk pengemudi yang sangat penting. Saat pengemudi merasa nyaman, stress dan rasa lelah bisa diminimalisir untuk diubah menjadi produktivitas.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kabin pengemudi didesain untuk menambah kenyamanan.

Memudahkan

Suspensi kabin yang lembut dimudahkan dengan pola pemindahan gigi yang baru. Selain pola baru, karakter memindahkan gigi yang biasanya keras, pada New Ranger 500 lebih lembut dan ”nurut”. Semua panel dan tombol mudah dijangkau.

Soal tenaga, KompasOtomotif merasakan torsi besar yang sangat diperlukan untuk mengangkut beban berat. Dengan barang bawaan 15 ton di kargo (belum termasuk bobot kendaraan), truk gampang dipacu. Mesin berteknologi commonrail  truk ini lebih dari cukup untuk urusan tarik-menarik.

Memacu kencang semakin terasa aman dengan adanya Anti-Lock Braking System (ABS) yang menambah keyakinan saat menginjak rem. Dibantu exhaust brake dengan menggerakkan tongkat di kiri setir ke bawah, laju kendaraan bisa diredam cepat.

Kenyamanan di dalam kabin ternyata menjadi faktor penentu tingkat lelah sopir. Dengan kemudahan-kemudahan dan reduksi guncangan yang maksimal, stress pengemudi bisa dikurangi lebih optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com