Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Korban Kecelakaan Dunia Digelar di 6 Kota Indonesia

Kompas.com - 14/11/2014, 21:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Road Safety Association (RSA) Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk merenung dan lebih peduli dengan keselamatan berkendara pada Hari Perenungan Korban Kecelakaan Dunia, Minggu, 16 November 2014.

Tahun ini peringatan akan digelar di berbagai kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Kudus, Padang, dan Palembang. Khusus di Jakarta akan terlaksana di lokasi area Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat mulai pukul 07.00-11.00 WIB.

Dalam siaran pers, Ketua Umum RSA Indonesia Edo Rusyanto mengungkapkan informasi bahwa dalam 10 tahun terakhir ada lebih dari 220.000 jiwa “ditelan” jalan raya karena kecelakaan di Indonesia.

Pada periode yang sama jumlah korban luka mencapai satu juta orang, 41 persen dari itu adalah korban luka berat yang tidak bisa lagi beraktivitas normal.

Dalam pandangan RSA Indonesia, kehilangan salah satu anggota bisa membuat ekonomi keluarga terganggu. Bila kecelakaan fatal mengambil jiwa anak-anak, kemungkinan calon pemimpin bangsa, calon intelektual, atau bahkan calon penegak hukum yang bersih dan berwibawa hilang di jalanan.

“Kecelakaan menambah beban berat hidup rakyat,” kata Edo.

RSA Indonesia berharap pelaksanaan aksi simpatik Hari Perenungan Korban Kecelakaan Dunia berjalan aman, nyaman, dan selamat. Seruan kepada rakyat bahwa bahaya jalan raya tidak pernah lelah mengintai kelengahan pengguna jalan terus dilakukan. Kedewasaan pemakai jalan sebagai cerminan pribadi yang matang seharusnya berlaku pada semua orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com