Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda2 dengan Tatanan 30 Warna Menarik

Kompas.com - 12/11/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mengganti gaya penampilan mobil dengan stiker bisa jadi sudah umum dilakukan. Namun metode ini sebenarnya masih bisa dieksplorasi lebih jauh, seperti yang dilakukan Signal Kustom pada Mazda2 milik Ricky Harso yang satu ini.

Ide awalnya melapisi mobil dengan stiker bertema mural yang terdiri dari 30 warna menggunakan metode cutting. Seperti terlihat pada foto, karya seni ini adalah hasil pekerjaan tangan yang menyatukan setiap bagian kecil stiker menjadi satu lukisan di bodi. Tingkat presisi seperti ini tidak bisa dikerjakan sembarangan, perlu ketelatenan dan minim kesalahan.

“Kami mau kasih liat sesuatu yang beda. Biasanya hanya ada satu warna pembungkusan stiker, yang ini warnanya banyak. Sekalian juga menunjukkan proses pemasangan yang sulit karena harus manual dan dipasang satu per satu,” jelas Andre Mulyadi, bos Signal Kustom kepada KompasOtomotif, Selasa (11/11/2014).

Signal Kustom Bodi Mazda2 ditutupi stiker bertema mural yang terdiri dari 30 warna.

Kasat mata memang bodi Mazda2 seperti dilapisi satu stiker, tapi bila diusap dengan tangan akan terasa perbedaan antar bagian stiker. Desain awal dikerjakan di komputer untuk mereka rancangan awal. Seluruh proses dikerjakan tiga orang dan menghabiskan waktu hingga lima hari. “Kalau di-printing enggak jadi seni. Orang akan tahu ini dipasang satu-satu,” kata Ayah dari 2 orang putra itu.

Ubahan pada unit ini bukan hanya eksterior, tapi juga merambah ke segala sektor. Beberapa yang menjadi sorotan adalah penggantian pintu menjadi tipe gullwing, atap kini menggunakan kaca panoramic, tebaran material serat karbon di kabin, dan sistem audio keren.

“Modifikasi yang lain sebagai sarana pendukung, interior dan eksterior tetap kita buat maksimal. Variabelnya ada banyak, semua dikerjakan dari nol,” tutur Andre.

Setelah selesai dikerjakan, mobil ini ikut “road show” pagelaran modifikasi di berbagai kota sebagai bagian dari promosi pembukaan workshop pemasangan stiker baru oleh Signal di Bandung awal 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com