Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Honda Freed Kendur, Bukan karena Mobilio

Kompas.com - 06/02/2014, 10:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hadirnya Honda Mobilio di pasar MPV bawah membuat peta persaingan mobil keluarga semakin "mendidih". Namun, tak hanya kompetitor di kelas ini yang akan diusik, kakaknya sendiri—Freed—juga dikhawatirkan terpengaruh di sisi penjualan.

Soal ini, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengemukakan, sebenarnya sejak awal sudah mengakui, jika bakal ada pergeseran konsumen Freed yang beralih ke Mobilio, meski tidak banyak. Tapi saat ini yang terjadi, penurunan penjualan MPV termasuk Freed bukan sepenuhnya ”salah” Mobilio.

”Memang, kami melihat sejak 3 bulan lalu penurunan cukup besar (semua merek), kecuali MPV bawah, city car, dan LCGC. Jadi sebenarnya ada atau tidak ada Mobilio, penurunan Freed pasti terjadi. Segmen ini sudah turun dari tahun lalu,” tegas Jonfis, di sela test drive Mobilio, di Yogyakarta, Selasa (4/2/2014).

Secara garis besar, Jonfis menjelaskan bahwa pasar MPV turun cukup drastis. Kendati demikian, secara nasional pasar mobil keseluruhan tetap stabil karena ditolong LCGC, MPV bawah, dan city car. Market MPV dikatakan hilang 20 persen, dalam arti orang masih menunggu dan menimbang.

Honda sendiri terselamatkan oleh Brio dan Brio Satya yang masih stabil. Datangnya Mobilio juga diharapkan mampu mendongkrak penjualan kembali.  ”Saat ini kami sedang mengukur, seberapa besar pengaruh Mobilio terhadap penjualan Freed,” tutup Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com