Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Bugar Selama Bersepeda Motor Jarak Jauh

Kompas.com - 06/01/2014, 15:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Mengendarai sepeda motor jarak jauh tak hanya membutuhkan mental yang kuat, tetapi juga stamina lebih. Perlu persiapan untuk menekan rintangan yang mungkin terjadi, khususnya fisik yang bugar. 

Seperti yang dilakukan empat biker pada perjalanan Round The Borneo, 25 Januari-28 Februari 2014 mendatang. Perjalanan 10.000 km butuh ketahanan, seperti yang diutarakan Widi Nugroho Sahib, Head of Public Relations and General Services - SOHO Global Health. Stamina justru menjadi poin penting selain "kesehatan" sepeda motor.

"Populasi sepeda motor yang tumbuh dengan pesat memungkinkan penggunanya memanfaatkan transportasi secara praktis. Tak hanya untuk di dalam kota, juga perjalanan jarak jauh. Di pedalaman, pengendara harus punya stamina prima," kata Widi kepada KompasOtomotif, Senin (6/1/2014).

Berikut tipsnya:

1. Mata. Pastikan menggunakan kacamata/pelindung mata untuk menjaga bola mata. Segera beri obat tetes bila mata mengalami iritasi ringan sekaligus untuk menjaga kelembabannya. Mata lelah juga menandakan kondisi tubuh yang mulai lelah.

"Sebaiknya istirahatkan tubuh sejenak, jangan memaksa untuk berkendara terus. Konsumsilah vitamin A untuk menjaga kualitas penglihatan dan lakukanlah relaksasi kualitas penglihatan terjaga.

2. Saluran pernapasan. Gunakan masker/pelindung hidung selama berkendara untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri melalui saluran pernapasan. Hindari asap, baik dari sesama kendaraan bermotor maupun sumber lain, yang dapat mengganggu kualitas pandangan dan pernapasan.

3. Tubuh (secara keseluruhan). Konsumsilah suplemen/vitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh sesuai aturan. Konsumsilah vitamin C maksimal 1.000 mg setiap hari. Sekalipun banyak produk suplemen/vitamin yang dijual di pasaran, konsultasikan produk yang sesuai dengan tubuh masing-masing. Istirahatlah bila merasa lelah karena ini menandakan daya tahan tubuh sudah menurun.

4. Kulit. Oles lotion kulit yang mengandung anti-UV bila tidak menggunakan jaket/pakaian lengan panjang. Tujuannya, melindungi kulit dari sengat sinar matahari. 

Selain memperhatikan kondisi dan kesehatan tubuh, jangan lupa untuk mematuhi peraturan berlalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com