Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM dan Ford Rayakan Tahun Baru dengan "Recall"

Kompas.com - 31/12/2013, 14:22 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Dua raksasa asal Amerika Serikat, General Motors dan Ford menggulirkan kampanye perbaikkan massal terhadap lebih dari 1,5 juta unit kendaraan di China. Hal ini disampaikan oleh Lembaga Pengawas Kualitas Produk China (General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine), dilansir Japan Today (28/12/2013).

Shanghai GM, perusahaan gabungan antara GM dengan SAIC Motor akan memperbaiki lebih dari 1,46 juta unit Buick dan Chevrolet karena masalah pada dudukan (bracket) pompa bensin (fuel pump). Dudukan yang tidak ideal berpotensi mengakibatkan kebocoran bahan bakar dan dalam kondisi ekstrem bisa membahayakan pengemudi dan penumpang mobil.

Recall akan dilakukan mulai Senin, pekan depan (6/1/2014). Kelainan komponen ini terjadi untuk model produksi 2006-2011.

Dalam pernyataan terpisah, Lembaga Pengawas Kualitas Produk China juga mengatakan, Changan Ford Automobile, perusahaan gabungan Ford dengan Changan Automobile juga mengalami nasib sama. Bedanya, recall yang dialami relatif lebih kecil, hanya 80.000 unit Kuga sport. Masalah juga lebih ringan, ada kelainan pada mekanisme lingkar kemudi.

Perbaikan massal akan dilakukan mulai 21 Februari, karena Ford meminta waktu untuk mempersiapkan pasokan komponen yang harus diganti. Sampai kini, China masih tercatat sebagai negara dengan pasar otomotif terbesar di dunia. Januari-November saja, total penjualan mobil baru di China mencapai 19,86 juta unit sudah melampaui capain satu tahun penuh di 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com