Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSA Peugeot Citroen Rakit di India

Kompas.com - 11/02/2011, 11:25 WIB

PARIS, KOMPAS.com - India seperti tak habis-habisnya menarik investor asing khususnya prinsipal otomotif  dari belahan dunia. Setelah Suzuki, Toyota, Hyundai, Volkswagen dan Honda, kini menyusul  PSA Peugeot Citroen dari Perancis ingin memproduksi mobil di negeri sari dengan menggandeng pabrik perakitan lokal. Dana segar pun dikucurkan 546 juta dollar AS atau Rp4,87 triliun.

Chief Executive Officer Peugeot Philippe Varin mengatakan, pihaknya tengah mempertimbangkan pabrik mana yang bisa diajak kerjasama untuk merakit salah satu mobil kompak yang ditujukan untuk segmen bawah (entry level). Bahkan Grup PSA dikabarkan tengah menyiapkan model khusus untuk pasar India.

Pengumuman ekspansi di India ini menjadi langkah terbaru setelah dua tahun lalu (2009), Peugeot menunda pembangunan pabrik di dekat Hyderabad, Andhara Pradesh.

India menjadi salah satu strategi perluasan bisnis otomotif dari Grup PSA, selain China, setelah  tren pasar di negara maju mulai stagnan dan pertumbuhan justru dialami negara-negara berkembang. Di China, jelas Varin, Peugeot-Citroen tengah menunggu persetujuan gabungan usaha dengan China Changan Automobile Group Co yang ditandatangani 2010. Selain itu, Peugeot juga tengah mengerjakan pabrik ketiganya di China menggandeng Dongfeng Motor Group Co guna meningkatkan pangsa pasar.

Max Warburton, seorang analis dari Sanford C Bernstein, London seperti dilansir Bloomberg (10/2) mengatakan, PSA Peugeot Citroen menjadi prinsipal yang paling ketinggalan mengembangkan basis produksi di luar Eropa dibelakang Volkswagen, Mercedes-Benz dan BMW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com