Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pioneer Luncurkan Sistem Navigasi Mobil di CES

Kompas.com - 06/01/2011, 20:10 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com — Pada Consumer Electronics Show (CES) 2011 yang saat ini berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pemakai mobil menjadi target produsen elektronik yang memperkenalkan dan meluncurkan produk terbaru mereka. Salah satunya adalah Pioneer yang meluncurkan sistem navigasi yang dipasang langsung di dasbor mobil. Produk multimedia ini diberi label AVIC-Z130BT, yang menggunakan layar sentuh 7 inci dengan perbandingan lebar dan tinggi 16:9.

Menurut Ted Cardenas, Direktur Perencanaan Produk Pioneer Electronic, perusahaannya memperkenalkan sistem navigasi tersebut karena bila menggunakan ponsel pintar (smartphone), dinilai kekecilan. Akibatnya, pengemudi susah melihat detailnya, terutama untuk membaca teks.

Bisa dimaklumi karena multimedia juga untuk berhubungan dengan layanan jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Untuk ini, di Amerika Serikat, Pioneer bekerja sama dengan Aha Internet Radio. Dengan ini, pengemudi bisa membaca teks berita terbaru tentang lalu lintas dan informasi lain saat mengemudi.

Selain layar sentuh, alat ini juga bisa diperintah melalui suara (voice recognition) untuk nomor telepon, mencari lagu berdasarkan artis, album, genre atau playlist pada iPod. Harganya 1.499 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 13,6 juta.

Pioneer juga memperkenalkan Smart Cradle yang sudah dilengkapi dengan akselerometer, GPS, dan giroskop. Digunakan untuk meningkatkan fungsi berbagai aplikasi sistem GPS ponsel pintar. Alat ini juga dilengkapi Bluetooth untuk membantu pengemudi agar tidak perlu memegang ponsel untuk menelepon saat mengemudi.

Fungsi lainnya sebagai pengisi baterai telepon dan pengatur suara otomatis. Juga dilengkapi dengan fitur koneksi "keluaran" (output) audio dan video sehingga konten digital pada ponsel pintar bisa diputar ulang pada sistem hiburan di mobil.

Pioneer memperkenalkan produk terbarunya yang disebut Network Vision Heads-Up Display Concept. Fungsinya untuk memproyeksikan konten layar ponsel pintar ke bagian bawah kaca depan mobil atau lebih tepatnya disebut head up display (HUD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com