Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemesanan Mobil pada Agustus Melonjak hingga 300 Persen

Kompas.com - 25/08/2009, 07:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Seperti sudah diprediksi sebelumnya, penjualan mobil pada Agustus ini berpotensi mencapai angka tertinggi sepanjang tahun. Bagaimana tidak, hal ini terlihat dari pemesanan kendaraan yang terus mengalir ke agen tunggal pemegang merek (ATPM).

Hal ini seperti yang dialami PT Toyota Astra Motor (TAM). Hingga minggu terakhir bulan kedelapan tahun ini, permintaan terus mengalami lonjakan. Rata-rata surat pemesanan kendaraan (SPK) mengalami peningkatan 20-30 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Memang luar biasa peningkatannya, bahkan kami khawatir bagaimana kinerja produksi untuk memenuhi lonjakan ini. Bayangkan, Camry saja SPK-nya meningkat hingga 300 persen. Pergerakan mulai dirasa pada minggu terakhir bulan Juli. Jadi, biasanya cuma 120 (unit) per bulan, sekarang 300-an pada Agustus ini," kata Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto di Jakarta, Senin (24/8).

Lonjakan permintaan juga terasa di beberapa tipe lainnya, misalnya Avanza, Innova, Rush, dan Yaris.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, pada Juli 2009 penjualan wholesales ATPM tercatat sebanyak 17.755 unit. Dengan kondisi yang berkembang, TAM optimistis bahwa target menembus 18.000 unit pada bulan ini bakal terwujud.

"Pasar akan sedikit menurun pada September karena libur Lebaran, jadi banyak hari tak efektif untuk jualan. Namun, Oktober hingga akhir tahun, permintaan akan kembali meningkat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com