Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda BeAT Mirip Lambretta

Kompas.com - 13/08/2009, 11:09 WIB

KOMPAS.com — Soal kreativitas di modifikasi, Indonesia enggak ada habisnya, apalagi untuk jenis skutik, seperti Honda BeAT karya dari Bandung, Jawa Barat. Modelnya ala skuter, bahkan hampir menyerupai Lambretta dari Italia. "Dipadu dengan gaya skuter Eropa, tapi enggak jiplak persis karena sudah banyak beda," ungkap Wildan El Salman, sang builder sekaligus pemilik motor.

Nuansa Eropa yang kental tampak pada bodi fiber yang desainnya lebih besar dari standar BeAT. "Untuk menyesuaikan bodi besar tadi, posisi sumbu roda belakang tetap dibuat mundur sejauh 20," bilang Wildan. Sementara itu, rangka standar, lanjutnya, tidak diutak-utik. Hanya dilakukan pembuatan breket baru untuk melekatkan bodi.

Kemudian, bodi dibikin lekukan pada bagian tertentu untuk mengesankan aerodinamis dan ada unsur balapnya. Kesan sporty dipertegas dengan pemakaian material karbon—bukan carbon look, tetapi asli—di sejumlah tempat, seperti tutup jok belakang, sepatbor depan, dan rumah lampu depan.

Uniknya, dek yang terbuat dari bahan aluminium setebal 3 mm dirancang dengan motif hair line atau garis-garis, seperti umumnya yang terpasang pada pedal gas, kopling, dan rem di mobil balap. Itu pun tak cuma bagian datar, tetapi juga pada bagian bawah tameng dalam.

Tampilan BeAT jadi manis berkat permainan warna two tones. "Meski model bodi modern, untuk urusan kelir sedikit retro. Ini terinspirasi mobil balap lawas yang umumnya dua warna," tutup sarjana Desain Produk dari STSI Bandung ini. (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com