Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Prius Hybrid Geser Honda Insight

Kompas.com - 05/06/2009, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru 2 minggu lalu (18 Mei) diperkenalkan, Toyota Prius generasi III langsung menggeser Honda Insight di posisi teratas dalam penjualan kendaraan hybrid untuk Mei ini. New Prius menjadi mobil bertenaga bensin dan elektrik terlaris dengan mencatat angka penjualan tertinggi 10.915 unit.

Sementara Honda Insight membukukan angka 8.000 unit untuk penjualan bulan kelima. Jauh di bawah prestasi yang diukirnya April lalu mencapai 10.481 unit. penurunan ini membuat posisi pabrik mobil terbesar kedua di Jepang itu merosot menjadi ketiga. Demikian laporan dari Asosiasi Dealer Mobil Jepang (JADA).

New Prius kebanjiran pemesanan semenjak pasar Jepang mengetahui rencana hadirnya generasi ketiga kendaraan hybrid terlaris di dunia ini. Saat ini, sekitar 110.000 pemesanan New Prius telah masuk, dan diperkirakan akan dapat dipenuhi sekitar bulan November. Sejalan dengan rencana TMC meningkatkan kapasitas produksi Prius hingga 50.000 unit per bulan pada 2010.

“Keberhasilan New Prius ini didukung oleh imej dan popularitasnya sebagai kendaraan hybrid terlaris sepanjang 10 tahun terakhir (Prius pertama kali diperkenalkan pada 1997), selain faktor eksternal seperti kebijakan pajak baru di Jepang untuk mobil ramah lingkungan,” komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor mengenai angka prestasi New Prius tersebut. “Atensi dan kepedulian yang nyata dari pemerintah memang terbukti berperan besar terhadap keberhasilan upaya kami selaku produsen dalam meningkatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.”

Upaya Toyota untuk memajukan penggunaan kendaraan ramah lingkungan juga dilakukan secara global. Sebagaimana Toyota melakukan peminjaman dan edukasi kepada institusi pendidikan, pemerintahan, tokoh masyarakat dan lain-lain, di belahan dunia lainnya ratusan kendaraan hybrid Toyota dengan model dasar Prius juga disewakan kepada instansi pemerintah dan perusahaan, misalnya di Jepang, Amerika, dan Perancis. New Prius diluncurkan di Amerika pada akhir Mei 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com