Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Yaris Dilengkapi Kamera Militer

Kompas.com - 17/08/2008, 10:59 WIB

Dari tampilan bodi, Toyota Yaris 2006 milik Rizki Suharyadi tidak ada yang ektrem. Penambahan over fender pada keempat sepatbor dikarenakan pemakaian ban lebar paling menonjol dan menjadi elegan lantaran desainnya seolah menyatu dengan bibir spoiler depan dan diffuser serta side skirt.

Sayap belakang yang terletak di bagian atas plus ujung knalpot ganda yang berdempetan, tak cuma mengisyaratkan sebagai mobil bergaya sport. Lebih dari itu, tenaga yang digaarap REV Engineering sudah tak standar lagi.

Keistimewaan dari Yaris ini , tengok ke interiornya. Tepatnya di belakang setir, terdapat layar monitor mini untuk menayangkan video. Sedan hatchback ini dilengkapi kamera pencari suhu panas (Thermal Imaging Camera=TIC) yang biasa dipakai militer. Di sini dipilih merek Pathfendlr yang sudah dipakai di mobil produksi massal.

Boleh jadi, ini sebagai terobosan dalam modifikasi di tanah air. Jadi, kamera menangkap obyek yang bersuhu langsung menayangkan ke monitor dalam bentuk warna yang mencolok. Seperti manusia, hewan dan marka jalan. Sebaliknya, obyek yang 'dingin' hanya muncul warna hitam putih di monitor.

Asyiknya, pemasangan ini nggak perlu izin militer lantaran teknologinya yang untuk keperluan komersil sudah di down grade. Pemasangannya pun relatif gampang, tinggal disambungkan ke aki.

Selain TIC, modif unik lainnya indikator digital PLX ditanamkan di spion tengah. Rumah spion dibelah untuk memasukan LCD dan butuh ketrampilan khusus.

Terakhir, pemakaian lampu utama bawaan Toyota Wish dengan bantuan aplikasi projector Q45. Terlihat sederhana penggarapannya, namun butuh kecermatan. (Rudy)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com