Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Siapkan SUV untuk Rally Paris-Dakkar

Kompas.com - 11/07/2008, 06:03 WIB

Langkah produsen motor dari Austria, KTM  dalam menjajal peruntungan sebagai pembuat mobil ternyata tak main-main. Setelah sukses memproduksi mobil balap bernama X-Bow yang merupakan hasil kerjasama dengan Volkswagen, baru-baru ini terungkap bahwa KTM sedang mempersiapkan empat varian mobil ramah lingkungan.  Salah satu di antaranya adalah sebuah varian Sport Utility Vehicle (SUV).

SUV dengan nama Haflinger tersebut akan menjadi tonggak sejarah baru bagi KTM yang selama ini terkenal dengan motornya. Ketangguhan motor KTM pada setiap ajang rally Paris-Dakkar, diharapkan juga akan terlihat pada produk Haflinger. Sebab, KTM pun berencana untuk mengikutsertakan mobil ini pada rally fenomenal di dunia tersebut.

Seperti yang dilansir majalah Car Magazine-, pihak KTM menargetkan pada 2010 mobil ini sudah dapat dijual secara massal.

Sementara, tiga varian lainnya yang merupakan jenis citycar juga tak dapat dipandang sebelah mata. Dengan konsep mobil ramah lingkungan yang hemat energi, KTM menggandeng salah satu produsen otomotif terbesar India, Bajaj untuk mewujudkan proyek ini.  Tiga mobil tersebut akan diproduksi dalam mesin bensin dan diesel, dengan dilengkapi mesin listrik yang menjadikannya sebagai kendaraan dengan emisi nol.

Lebih jauh, pihak KTM menyatakan mobil-mobil ini akan dijual di Amerika Serikat. Namun tak tertutup kemungkinan untuk pelebaran pasar jika pasar global merespon produk ini. "Ketika produsen mobil macam BMW, Toyota, dan Mercedes masih berpikir parsial untuk masing-masing wilayah pemasaran, kami telah memetakan sebuah konsep global yang dapat diterapkan untuk wilayah manapun," ungkap pihak KTM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com