Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Formula Oli Aditif buat Mesin Kendaraan?

Kompas.com - 26/07/2023, 17:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Additive oli atau aditif oli kerap menjadi kata yang sudah sudah tidak asing lagi bagi bagi dunia otomotif. Namun masih banyak yang tidak paham arti kata tersebut sehingga menimbulkan kekeliruan. 

Aditif oli merupakan zat tambahan untuk menyempurnakan fungsi oli. Pada aditif oli terdapat senyawa kimia yang meningkatkan kinerja pelumas oli dasar. 

Saat ini ada banyak pabrikan oli yang berbeda dengan menggunakan aditif yang berbeda, salah satunya dari Tune ID yang memperkenalkan formula aditif baru untuk bahan bakar dan oli mesin.

Baca juga: Dukung Elektrifikasi, Mekanik Ini Buat Sekolah Konversi Motor Listrik

Produk tersebut yakni Tune Id Fuel Treatment dan Oil Booster yang menawarkan formula sebagai solusi untuk membuat kendaraan lebih terawat dan meningkatkan performa.

Tune Id Fuel Treatment dan Oil booster dapat digunakan untuk bahan bakar mesin bensin maupun diesel. Misalnya seperti untuk motor, mobil, truk, bus, maupun alat berat.

Arif Budiman selaku Brand Manager Tune Id mengatakan, mencampurkan Tune Id Fuel Treatment Diesel dengan solar jenis apapun terutama Bio Solar pada kendaraan penumpang dapat menjadikan mobil lebih bertenaga dan hemat BBM.

Ganti oli mesinNasmoco Ganti oli mesin

"Tune Id Fuel Treatment juga berfungsi memecah partikel dari bahan bakar menjadi lebih kecil yang membuat proses atomisasi bahan bakar lebih maksimal sehingga pembakaran lebih sempurna,” kata Arif pada keterangan resminya, Rabu (26/7/2023). 

Sementara itu, Tune Id Oil Booster punya formula yang berfokus untuk meningkatkan daya alir
pelumas. Serta mengurangi gesekan antar logam dan menjaga ketahananan kualitas oli. 

“Tune Id Oil Booster juga berfungsi sebagai perlindungan ekstra terhadap gesekan, tekanan dan panas,” kata Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com