Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Pernah Nekat Balapan dengan Tulang Patah di Assen 2013

Kompas.com - 23/06/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo pernah balapan dengan kondisi patah tulang selangka pada MotoGP Belanda 2013 di Sirkuit Assen. Meski sudah pensiun, Lorenzo mengaku berani mengulangi aksi heroik tersebut.

Pengalaman tersebut merupakan salah satu yang tak terlupakan bagi Lorenzo dan para pecinta MotoGP. Lorenzo yang saat itu masih bersama tim pabrikan Yamaha bisa finis di posisi kelima dengan kondisi patah tulang selangka.

Baca juga: Prediksi Jorge Lorenzo, Marc Marquez Akan Pindah ke Ducati

Cedera tersebut didapatnya pada sesi latihan pada hari pertama. Malamnya, dia langsung diterbangkan ke Barcelona untuk menjalani operasi pemasangan pelat.

Pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo tiba di Assen lagi, setelah menjalani operasi collarbone kiri di Barcelona. Pebalap Yamaha ini akan menjalani tes medis untuk memastikan apakah dia boleh ikut balapan, Sabtu (29/6/2013).motogp.com Pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo tiba di Assen lagi, setelah menjalani operasi collarbone kiri di Barcelona. Pebalap Yamaha ini akan menjalani tes medis untuk memastikan apakah dia boleh ikut balapan, Sabtu (29/6/2013).

Keesokan harinya, dia tidak mengikuti kualifikasi. Tapi, catatan waktu Lorenzo saat latihan bebas menempatkan dirinya di posisi ke-12. Meski dengan bantuan painkiller, Lorenzo masih merasakan sakit yang teramat sangat.

"Jika saya berusia 25 tahun lagi dan tetap di Assen pada hari itu, saya akan melakukan tindakan yang sama," ujar Lorenzo, dikutip dari Crash.net, Jumat (23/6/2023).

Baca juga: Mir Takut Bernasib Seperti Lorenzo dan Espargaro di Honda

"Saya merasa bangga, itu sedikit gila. Tapi, jika saya kembali lagi di 2013 di Assen, di grid tersebut, saya akan melakukan hal yang sama," kata Lorenzo.

Pebalap Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, berjalan di depan garasi Yamaha di Sirkuit Assen, pada sesi pemanasan GP Belanda, Sabtu (29/6/2013). Lorenzo membalap dengan collarbone kiri yang baru dioperasi, sekitar sehari sebelumnya.motogp.com Pebalap Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, berjalan di depan garasi Yamaha di Sirkuit Assen, pada sesi pemanasan GP Belanda, Sabtu (29/6/2013). Lorenzo membalap dengan collarbone kiri yang baru dioperasi, sekitar sehari sebelumnya.

Pada saat itu, Lorenzo nekat untuk kembali balapan karena tidak mau tertinggal poin lebih jauh dari Dani Pedrosa yang pada saat itu memimpin klasemen sementara.

Lorenzo berhasil menyalip poin Pedrosa dengan unggul 30 poin di akhir musim. Tapi, dia kalah dari Marc Marquez yang unggul hanya 4 poin.

Musim tersebut adalah debut Marquez di MotoGP dan dia langsung meraih gelar juara dunia. Selain itu, musim 2013 juga jadi musim pertama Valentino Rossi kembali ke Yamaha setelah dua musim tanpa kemenangan bersama Ducati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com