Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Contraflow dan One Way Jalan Tol Selama Arus Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 01/04/2023, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri telah merumuskan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi atas kepadatan mobilitas masyarakat selama periode mudik Lebaran 2023 di ruas tol tertentu.

Dijelaskan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, rekayasa ini berupa one way, contraflow, sampai buka-tutup jalan yang menyesuaikan kondisi terkini di ruas jalan tol.

"Tahun ini kami akan melakukan penambahan kapasitas jalan berupa contraflow, one way, alih arus, dan buka tutup," katanya dalam diskusi publik yang disiarkan secara daring di YouTube Divisi Humas Polri, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Beda Baterai Mobil Hybrid dengan Baterai Mobil Listrik

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022) pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022) pada arus mudik Lebaran 2022.

Aan menjelaskan, penerapan contraflow akan dilakukan secara situasional untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di sekitar rest area dan terjadinya gangguan pada penggal jalur tertentu.

Terkait kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran, seluruh Dirlantas Polda yang wilayahnya dilalui pemudik sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas guna memastikan kelancaran arus.

Aan menyebut, pelaksanaan one way dan contraflow sudah dibuat jadwalnya bersama Kementerian Perhubungan, PT Jasamarga dan pemangku kepentingan terkait.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa nantinya sistem contraflow akan dilakukan di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 72 Tol Cipali. Ada kemungkinan di jalur tersebut tidak dilakukan one way.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Argentina - Aleix Espargaro jadi yang Tercepat

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.

"Artinya kemungkinan besar hitung-hitungan pengelola jalan tol ini tidak akan melakukan one way di Jakarta-Cikampek. Tapi akan melakukan contraflow tiga lajur. Tetap kita harus kita menambah kapasitas jalan dengan contraflow," kata dia.

Sementara one way diperkirakan akan diterapkan di Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung. Hal tersebut akan dilakukan jika Tol-Jakarta Cikampek dilakukan contraflow.

"Untuk one way kemungkinan akan dilakukan di Km 72 sampai dengan Km 414 Kalikangkung di Semarang," katanya.

Terkait sistem buka tutup, akan diberlakukan di sejumlah jalan arteri. Contraflow di sejumlah jalur arteri juga akan dilakukan untuk menghindari kemacetan.

"Kita juga akan buka tutup, alih arus di beberapa arteri untuk menghindari kemacetan di arteri. Baik Pantura, jalur Selatan, jalur tengah," kata dia.

Baca juga: Sektor Transportasi dan Logistik Tumbuh, Penjualan Truk Juga Naik

Aturan PPDN terbaru dan kriteria pemudik yang harus memenuhi syarat mudik Lebaran 2022 terbaru wajib PCRKOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Aturan PPDN terbaru dan kriteria pemudik yang harus memenuhi syarat mudik Lebaran 2022 terbaru wajib PCR

Berikut ini jadwal rekayasa lalu lintas selama momen mudik Lebaran 2023;

Contraflow

- Akan dilakukan di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 72 Tol Cipali (18-21 April 2023 pada periode arus mudik Lebaran 2023).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com