Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Awal 2019 Toyota Revisi Harga

Kompas.com - 13/12/2018, 18:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (ATM) akan melakukan revisi harga untuk jajaran produknya di awal 2019. Kenaikan pada awal tahun diklaim menjadi agenda rutin yang dilakukan mengikuti regulasi.

"Tahun depan, Januari itu sudah pasti harga naik. Faktornya karena ada bea balik nama (BBN), itu kan sudah biasa," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, kepada media beberapa hari lalu di Jakarta.

Selain dari BBN, Soerjo menjelaskan kemungkinan akan ada faktor lain yang ikut berperan membuat harga jual produknya naik, yani masalah biaya produksi. Bila ternyata harga produksi berubah, otomatis akan menambah revisi harga.

Baca juga: Toyota Siapkan Enam Amunisi Baru di 2019

Bahkan Soerjo berharap bila nilai tukar rupiah bisa terus berada pada tren positif seperti saat ini. Karena dengan bagitu, otomatis bisa memberikan dampak positif terhadap perubahan harga di awal 2019 yang tidak terlalu tinggi.

Toyota Rush di IIMS 2018.KOMPAS.com Toyota Rush di IIMS 2018.
"Mudah-mudahan exchange rate juga tetap bagus kita doakan saja. Bila posisinya tetap seperti ini yang sedang baik, kemungkinan kenaikan harga tidak signifikan lah. Bila pun ada kenaikan, umumnya itu masih di bawah Rp 5 juta," ujap Soerjo.

Menurut Soerjo, saat ini masyarakat juga sudah mulai mengalamai pergeseran tren, khususnya untuk segmen kendaraan menegah ke atas. Pada kedua segmen tersebut, harga tidak lagi selalu menjadi patokan utama, konsumen cenderung akan membandingkan dengan value yang diberikan. Berbeda dengan karakteristik konsumen di segmen medium low yang sensitif dengan skema pembiayaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com