Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Rossi, Vinales Datang ke Yamaha di Waktu yang Salah

Kompas.com - 19/09/2018, 16:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha masih kesulitan untuk memenangi kejuaraan di musim 2018 ini. Pebalap Yamaha, Maverick Vinales belum menuai hasil positif dan selalu mendapatkan masalah dengan tunggangannya.

Rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi buka suara tentang pebalap Spanyol tersebut. Menurut Rossi, Vinales datang ke Yamaha di saat yang tidak tepat.

"Saya merasa Vinales tentu punya sepeda motor yang bisa memenangi kejuaraan ketika ia tiba di MotoGP 2017 lalu. Sayangnya situasi berubah sehingga ia tidak terlalu beruntung," ucap Rossi dikutip dari MotoGP.com, Rabu (19/9/2018).

Vinales tiba tahun lalu dengan harapan menjadi juara dunia setelah melihat performanya di tim Suzuki. Namun sampai musim tahun ini hampir berakhir ia saat ini duduk di peringkat lima klasmen, jauh dari target merengkuh gelar juara.

Hasil terbaiknya di 2018 adalah di posisi kedua di Austin dan posisi ketiga di Assen dan Sachsenring. Saat ini bisa dikatakan tidak mungkin untuk Vinales untuk meraih juara.

Baca juga: Vinales Jadi yang Tercepat di FP4 San Marino

Vinales MotoGP InggrisCrash.net Vinales MotoGP Inggris

Di 13 seri terakhir tahun ini, praktis pemenang seri hanya berasal dari Honda dan Ducati seperti Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow.

Maverick pun mengakui pencapaiannya tahun ini tidak sesuai dengan yang ia harapkan. Meski demikian, ia sudah memperpanjang kontraknya dengan Yamaha dan fokus untuk mempersiapkan seri 2019.

"Tahun ini sangat buruk bagi saya dalam arti hasil balapan. Jika tahun ini sempurna tentu saya tidak apa-apa. Saya mencoba berbagai cara, sayangnya saya tidak bisa mengubah beberapa hal. Sangat sulit untuk menemukan settingan motor yang membuat saya merasa lebih baik di sirkuit yang berbeda," ucap Maverick.

Untuk menyambut tahun depan, Maverick akan berkonsentrasi pada tes pra musim mendatang. Ia merasa dirinya dan Rossi punya potensi untuk memenangi balapan. Ia berharap Yamaha dapat mengusahakan itu lebih baik.

"Saya suka late braking dan masuk ke tikungan lebih dalam, jadi sangat sulit saat ini untuk kompetitif. Saya berjuang di beberapa area seperti elektronik dan sudut masuk tikungan. Tujuan tes pertama adalah kita harus meningkatkan elektronik motor," ujar Maverick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com