Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Sebagian Orang Kaya, Sewa Mobil buat Mudik

Kompas.com - 15/05/2018, 13:23 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen Trac Astra Rent a Car menjelang Lebaran selalu meningkat hingga 30 persen. Karakter penyewa pun beragam, mulai kalangan menengah, hingga orang berduit yang tetap membutuhkan mobil untuk mudik.

Namun, beda antara konsumen menengah ke bawah dan ke atas. Orang kaya tetap membutuhkan mobil sewaan, tetapi langsung di kota yang dituju.

"Mereka dari Jakarta naik pesawat, setelah tiba di kota tujuan langsung dijemput oleh mobil sewaan itu," kata Agus Riyadi, COO PT Trac Astra Rent a Car ketika ditemui di acara Trac dengan KOMPAS.com di kawasan Jakarta Pusat, pekan lalu.

Model mobil yang dipilih, kata Agus jelas segmen multi purpose vehicle (MPV) upper seperti Toyota Alphard, Vellfire dan sejenisnya.

Baca juga: Pulau Jawa Jadi "Kue" Terbesar Trac

"Sewanya juga sekaligus dengan sopir, jadi selama mudik menggunakan mobil sewaan itu. Kita juga bisa lepas kunci atau dengan sopir, tergantung keinginan konsumen," ujar Agus.

Faktor lain, banyak juga orang kaya yang sengaja sewa mobil ketika Lebaran. Alasan utama, ingin mobil yang ada di Jakarta tetap punya jarak tempuh sedikit dan terawat dengan baik.

"Banyak juga yang seperti itu, jadi akhirnya mereka sewa, dan kita punya pelanggan yang seperti itu. Jadi daripada pakai mobil pribadi mending sewa lebih praktis," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com