Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Tes Singkat buat yang Minat Daihatsu Sirion

Kompas.com - 22/03/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Bagi beberapa orang, membeli mobil rasanya bukan hanya soal suka model, warna, dan budget saja, melainkan juga melakukan test drive. Namun, sebenarnya ini sudah jadi menu wajib juga saat memilih mobil.

Khusus untuk Sirion generasi terbaru, pihak Daihatsu yang diwakili Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, ada beberapa yang perlu menjadi perhatian ketika menjajal Sirion.

Pasalnya, kata Bambang, dibanding dengan sebelumnya, Sirion terbaru kali ini banyak mengalami ubahan ke arah lebih baik. Lebih lagi, hampir semua yang ada pada Sirion generasi ketiga ini adalah baru.

“Ini keseluruhan berubah, mulai dari eksterior, interio, hingga fitur keamanan kenyamanan. Ini model baru juga tak hanya minor change,”  ujar Bambang kepada Kompas.com, Selasa (20/3/2018).

Baca juga: Pakai Bensin RON Rendah, Ini Efeknya ke Sirion Baru

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Lampu depan semua LED, tidak ada proyektor.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Lampu depan semua LED, tidak ada proyektor.

Pertama yang perlu diperhatikan, kata Bambang, adalah dari sisi eksterior mulai dari depan sampai ke belakang. Perhatikan setiap detailnya agar semakin lebih pasti untuk membeli produknya.

“Lalu duduk dan nikmati joknya bagaimana. Karena kalau bicara tempat duduk adalah setting ergonomis dan kenyamanan pengemudi. Perhatikan juga soal maju dan mundur, steering-nya pakai apa, kalau misalnya mau switching audio handsfree di mana dan lainnya,” ucap Bambang.

Bambang melanjutkan, setelah puas dan sudah menjelajahi sisi eksterior dan interior, serta fitur, saatnya menjajal di trek pendek maupun panjang, tentu saja disesuaikan ketersediaan atau kebijakan diler.

Ada yang namanya handling atau pengendalian. Itu penting untuk diperhatikan betul. Bambang merekomendasikan untuk mencoba itu dengan menyalip dan menikung dalam kecepatan tinggi, tetapi tetap mengutamakan faktor keselamatan.

“Mencoba handling itu, dengan overlap (nyalip) kemudian menikung, bagaimana stabilitasnya. Untuk test test drive seperti itu bisa dicarikan lokasinya, kecepatannya sekitar 60 kpj,” ujar Bambang.

“Meski begitu, konsumen sirion ini, kan, family muda yang mencoba mengganti mobil sebelumnya, bukan yang pemula, jadi paling tidak sudah mengerti soal mobil. Komposisinya untuk jenis konsumen itu di atas 60 persen sampai 70 persen," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com