Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Cat Hilangkan Lecet di Bodi Mobil

Kompas.com - 22/12/2017, 13:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Depok, KompasOtomotif - Lecet pada body mobil atau baret disebut merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil yang digunakan saat berlibur. Selaku main diler Toyota, Auto2000 menyatakan laporan mengenai body mobil yang lecet biasanya cenderung naik setelah musim liburan.

Baca juga : Masalah yang Kerap Terjadi saat Mobil Dipakai Berlibur

Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Deni Andrian mengatakan, cara untuk menghilangkan lecet adalah ditimpa dengan cat baru. Namun hal ini harus dilakukan dengan cara yang tepat. Dalam arti, warna cat baru harus bisa menyesuaikan dengan warna pada body mobil secara keseluruhan.

Jika tidak dilakukan dengan benar, maka bekas lecet akan tetap terlihat walaupun sudah ditutup oleh cat. Sebab acapkali terjadi, cat baru yang menutupi bekas lecet memiliki warna yang lebih cerah dibanding warna pada bodi mobil secara keseluruhan.

Diler Auto2000 di Grand Depok City yang baru saja diresmikan pada Jumat (17/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Diler Auto2000 di Grand Depok City yang baru saja diresmikan pada Jumat (17/11/2017).

Khusus untuk mobil Toyota, Deni menyarankan agar pemilik mobil yang mengalami baret untuk melakukan cat ulang di bengkel-bengkel resmi, contohnya seperti di jaringan bengkel Auto2000. Selain menggunakan cat asli, Deni menyebut pola pengecetan ulang juga menggunakan bantuan alat khusus.

Dengan cara ini, cat baru yang nantinya ditempelkan ke bodi mobil untuk menutupi bekas lecet, akan terlihat sama dengan cat yang sudah ada. Kecocokan warna cat akan ditandai dengan sinyal hijau yang terpasang pada alat tersebut.

Baca juga : Berapa Sih Harga Poles Kaca Mobil yang Baret?

"Akan dicocokan terus polanya dari 0,0 sekian sampai warna lampunya menyala hijau. Kalau sudah hijau, baru dicat. Jadi warna di bekas baretnya itu nantinya tidak akan kelihatan seperti habis dicat," kata Deni saat ditemui KompasOtomotif pada Kamis (21/12/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com