Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Mengatur Posisi Semburan Air Wiper

Kompas.com - 16/11/2015, 07:43 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Setiap kendaraan roda empat atau lebih pasti dilengkapi dengan air wiper. Fungsinya, untuk membersihkan kaca depan mobil dari kotoran yang menghalangi pandangan saat mengemudi.

Tapi, banyak pemilik mobil menyepelekan fitur ini, bahkan tidak tahu ke arah mana posisi ideal semburan airnya seperti apa. Bila Anda tergolong orang yang belum tahu, jangan khawatir, sebab Pebalap nasional Rifat Sungkar dan juga pemilik Rifat Drive Labs (RDL) akan memberi tahu caranya.

Menurut Rifat, meskipun mobil sekarang ini semburan air wiper sudah bagus, dalam artian menyeluruh ke permukaan kaca, tapi masih banyak juga yang masih keluar hanya dari dua lubang (standar).

Rifat mengatakan, arah semburan air wiper yang ideal itu, yakni tepat di depan mata pengemudi baik kanan ataupun kiri. Pasalnya, ketika Anda menekan tuas pengaktif air wiper, semburan air bisa dengan mudah menghilangkan kotoran yang menjadi penghalang pandangan.

KompasOtomotif Gunakan peniti untuk melancarkan sirkulasi lubang penyemprot air wiper

“Sempatkan membawa peniti, dan arahkan lubang air wiper tepat ke depan kedua mata kita. Caranya duduk dulu di jok pengemudi, lalu diatur lubangnya sampai semburan air wipernya benar-benar tepat di depan kedua mata Anda masing-masing,” ujar Rifat saat ditemui di acara Outlander Sport & Delica Driving Experience di Car Park Area, Horse Racing Circuit, Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (14/11/2015).

Menurut Rifat, jika posisi semburan air wiper terlalu atas atau bawah dari posisi mata pengemudi, kotoran yang menempel di kaca depan mobil akan sulit tersapu. Jika ini terjadi, otomatis pandangan di depan menjadi tidak terlihat dengan jelas.

"Ini yang saya rasakan ketika di reli, kalau melewati lumpur dan terkena kaca depan maka kalau semburan air wiper tepat di depan mata akan langsung hilang,” katanya.

Dilanjutkan Rifat, jangan suka menganggap remeh posisi semburan air wiper, karena tidak sedikit pengemudi mobil yang mengeluh saat terkena lumpur atau kotoran di kaca depan mobil dan susah dibersihkan. “Ini juga untuk menjaga keselamatan mengemudi Anda,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com