Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil "Sejuta Umat" Indonesia Meluncur di Afsel

Kompas.com - 11/10/2015, 07:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Cape Town, KomapasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia pertama kali meluncurkan Grand New Avanza pada Agustus 2015. Kini, mobil terlaris di Indonesia ini sudah tiba di Afrika Selatan (Afsel). Harganya mulai dari 193.400 ZAR atau setara Rp 196 jutaan hingga 245.600 ZAR atau senilai Rp 249 jutaan

Avanza tersebut seperti dilansir laman Indianautosblog, Minggu (11/10/2015) diekspor dari Indonesia, sehingga tampilan eksterior dan interior serta perubahannya tetap sama. Bisa dipastikan merupakan hasil produksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dari pabrik Karawang, Jawa Barat. Buktinya, fitur keselamatan dan keamanannya sudah menggunakan ABS, EBD, dual airbag hingga immobilizer sama seperti yang dipasarkan di pasar domestik Indonesia.

Meski tidak disebutkan tipe apa saja, tapi "mobil sejuta umat" dipasarkan dalam enam varian pilihan untuk Afsel. Semuanya tersedia mesin bensin 1.3-liter dan 1.5-liter, kedua motor penggerak itu dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis empat percepatan.

Di Indonesia, Avanza baru terdiri tujuh varian, yaitu 1.3 E STD M/T, 1.3 E STD A/T, 1.3 E M/T, 1.3 E A/T, 1.3 G M/T, 1.3 G/AT dan 1.5 G M/T. Harganya dijual mulai Rp 178,1 juta hingga Rp 211 juta.

TMMIN Kegiatan ekspor beberapa model andalan Toyota Indonesia ke luar negeri.

Selain ke Afrika Selatan, Toyota juga mengekspor Avanza kesejumlah negara lain, seperti Thailand, Brunei, Filipina,, Meksiko, Mesir, Srilanka, Bangladesh, Nepal, Yordania, Lebanon, Tahiti, Nigeria, Mozambik, Kenya, Angola, Madagaskar, Maurtius, Afrika Barat, Pakistan, Fiji, Zambabwem Malawi, dan Seychelles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com