Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Datsun Go Langsung dari Penciptanya

Kompas.com - 09/02/2014, 09:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Chennai, KompasOtomotif — Pada acara peresmian produksi perdana Datsun Go, di pabrik Oragadam, dekat Chennai, India, pekan lalu, KompasOtomotif bersama dua media nasional lain mendapatkan kesempatan eksklusif perihal penjelasan detail soal Go. Beberapa detail disampaikan langsung oleh si insinyur pencipta, Kazuyuki Yamaguchi, Kepala Rekayasa Kendaraan Datsun.

Dimensi
Go diposisikan sebagai mobil keluarga pertama untuk konsumen di negara-negara maju. Fokus utamanya adalah menyajikan pilihan produk yang punya efisiensi bahan bakar prima dan harga terjangkau. "Meskipun menjadi mobil keluarga, mereka mau mobilnya itu punya tampilan yang modern, ini yang melatarbelakangi desain Go pada awalnya," jelas Kazuyuki.

Hal lain yang menjadi beban tersendiri adalah tuntutan harga yang terjangkau, tetapi wajib juga punya ruang lega. Go punya dimensi panjang 3.785 mm, lebar 1.635 mm, tinggi 1.400 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm. Ground clearance yang lebih tinggi membuat mobil kota ini tangguh di jalan rusak dan tidak mentok. Luas dalam kabin diklaim terbaik di kelas mobil kota segmen B, dan kompetitif dengan B+. Ruang bahu penumpang di dalam kabin juga lebih lega ketimbang merek lain.

Agung Kurniawan Ruang bagasi terluas dikelasnya.
"Desain jok depan yang menyatu dengan penumpang juga membuat kenyamanan jadi lebih baik. Ini menjadi salah satu alasan mengapa kami memilih tipe rem tangan model tarik demi tercipta ruang lebih lapang di depan," beber Kazuyuki.

Meski menggunakan rem tangan bergaya "jadul", tak membuat Datsun kehilangan kepercayaan diri. Pasalnya, banyak mobil masa kini di Jepang yang kembali menggunakan rem tangan jenis ini. "Namanya mode, selalu berputar, nanti akan semakin banyak yang menggunakan desain rem tangan seperti ini. Di Jepang sudah terjadi," imbuh Koichiro Okamoto, CPS Chief Product Specialist Datsun.

Agung Kurniawan Mesin sama dengan Nissan March tapi dengan pemetaan ulang pada ECU.
Mesin
Jantung pacu mengadopsi milik Nissan March atau Micra, yakni HR12DE berkapasitas 1.2 liter. Tenaga yang dihasilkan 67,9 PS dan torsi 104 Nm. "Mesin sama, tapi sudah dilakukan penghitungan ulang pada ECU sehingga lebih efisien," lanjut Kazuyuki.

Dalam pengujian internal, konsumsi bahan bakar bisa menembus 20 kpl. Meski belum menganut kelengkapan Anti-Lock Braking System (ABS), piringan cakram pengereman ban depan sudah berventilasi sehingga tidak mudah panas. Selain itu, suspensi belakang diklaim 30 persen lebih baik performanya dari kompetitor di segmen sekelas.

"Kami ciptakan mobil ini dari impian konsumen dan memaksimalkan tenaga lokal dalam pengembangannya. Kami yakin ini bisa diterima dengan baik nantinya," tutup Kazuyuki.

Agung Kurniawan Ruang duduk belakang cukup luas, minus Audio tapi menggunakan sistem baru memaksimalkan penggunakan ponsel pintar konsumen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com