Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Komponen Ini Jika Memodifikasi Audio atau Aki "Soak"

Kompas.com - 29/12/2013, 20:34 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Memodifikasi sistem audio dengan menambahkan subwoofer, penguat suara (power amplifier) dan monitor, harus diimbangi dengan suplai listrik ke aki. Pengguna kerap mengabaikan alternator ketika mengubah sistem audio. Padahal komponen ini sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak aki akan tekor dan tidak menutup kemungkinan alternator pun akan jebol. Hal tersebut diakibatkan kerja yang ekstra berat.
Aris Harvenda Alternator rusak
Atek, pemilik gerai Galeri Alternator di Jalan Haji Nawi Jakarta Selatan pernah menyampaikan bahwa usi pakai alternator bisa mencapai 5 tahun. Ketika melewati masa tersebut kecenderungan kinerja alternator mulai berkurang dan berakibat pasokan listrik minim atau bahkan tidak sama sekali. Salah satu faktor yang mempercepat masa pakai adalah, penggunaan barang elektronik dengan beban listrik yang besar seperti modifikasi audio dan pemasangan monitor.

Kapasitas
Biasanya, lanjut Atek, kapasitas pengisian bawaan pabrik hanya menyisakan antara 5 - 10 A sebagai cadangan. Ketika ada penambahan komponen melebihi batas maka alternator harus diganti dengan kapasitas yang sesuai atau dimodifikasi dengan mengganti gulungan atau memasang penguat. Jika tidak, maka kerja makin berat dan menyebabkan cepat soak.

Tanda-tanda mulai soak lampu indikator bergambar aki atau tulisan 'CHG' menyala. "Selain itu terdengar suara dari alternator akibat bearing yang sudah mulai aus. Jika tidak segera diganti, rotor dan stator akan bersentuhan, timbul panas, dan akhirnya bisa gosong," ungkap Atek. Kalau sudah gosong otomatis tidak bisa digunakan lagi alias rusak total. Hanya rumah alternator saja yang bisa digunakan kembali.

Rusak
Agar bisa menikmati modifikasi sistem audio lebih lama tanpa gangguan alternator rusak atau aki tekor, ada baiknya diikuti dengan peningkatan kapasitas yang sesuai. Hal tersebut juga mencegah banyaknya komponen yang diganti, ketika sudah melewati masa kerjanya atau muncul suara aneh. Segera lakukan reproduksi jika memang terlanjur rusak dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika sudah mengalami gejala-gejala alternator soak berarti sudah masuk masa reproduksi. Maksudnya, beberapa komponen utama di dalamnya harus diganti baru, antara lain pengatur voltase dan penyearah arus (rectifire). Sementara gulungan, rotor dan stator masih bisa dipakai. Setelah diganti alternator bisa digunakan paling tidak 3 tahun dengan pemakaian normal. "Pastikan bengkel reproduksi memberikan jaminan paling tidak setahun," tutup Atek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com