Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Preman Gebuk Maserati Quattroporte

Kompas.com - 15/05/2013, 19:03 WIB

Qingdao, KompasOtomotif – Seorang pemilik Maserati Quattroporte bemarga Wang, menyewa tiga preman untuk menghancurkan mobilnya di depan banyak orang.  Hal itu dilakukan bertepatan dengan hari pertama penyelenggaraan Qingdao International Motor Show, (14/5) dan merupakan ungkapan protes atas penindasan haknya sebagai konsumen mobil.

Ini adalah klimaks dari konflik yang bermula pada awal 2011. Saat itu, Wang mengklaim kerusakan pada komponen Quattroporte miliknya kepada perusahaan asuransi yang dilakukan di dealer lokal. Namun Wang mendapati, komponen yang dipasang ternyata bekas namun harganya sama dengan komponen baru, sekitar 2.400 yuan(setara Rp 3,8 juta).

Protes dilancarkan melalui surat maupun telepon! Namun proses penyelesaian berbelit dan menghabiskan waktu lebih dari dua tahun. Kesabaran Wang habis, ia menyebarkan rencana ”penghancuran” mobil lewat berbagai media sosial. Bahkan ia mengabari wartawan untuk datang ke ”acara” yang digagasnya via telepon, e-mail dan selebaran.

Kini mobil yang dijual sekitar Rp 4,2 miliar di China itu hancur. Tiga palu besar dengan gagang panjang meluluhlantakkan kaca. Patut disesalkan, aksi ini tidak diikuti dengan cara elegan,  protes secara formal. Wang  memilih cara ”tradisional”, menghancurkan mobil dan meminta perhatian banyak orang. Kendati belum ada respons dari Maserati, Wang akan terus melancarkan protes hingga haknya dipenuhi.

Akhir-akhir ini, isu hak konsumen otomotif sedang memanas di China, terkait dengan perlakuan tidak adil dari merek-merek non-China. Sebelum Wang, aksi serupa sudah dilakukan oleh seorang pemilik Lamborghini pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com