Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triumph Tiger 800 XC, Siap Berpetualang!

Kompas.com - 03/09/2012, 09:12 WIB

Leicester, KompasOtomotif – Menambah pilihan di segmen adventure, Triumph merilis Tiger 800 XC, yang merupakan deretan varian dari Tiger Explorer. Sepeda motor ini khusus didesain sebagai kendaraan penjelajah di medan (bisa) aspal, lumpur, dan pasir, yang akhir-akhir ini banyak dipakai bikers untuk turing jarak jauh.

Tampangnya sekilas mirip BMW R1200GS dengan dua mata yang bergandengan. Kekokohannya  ada pada rangka dan sejumlah pelindung baja yang terdapat di sekujur bodinya. Pelek terbuat dari besi dengan jari-jari aluminium untuk mengurangi berat. Diameter ban depan 19 inci sementara belakang 17 inci, diklaim untuk memberikan handling sempurna di segala medan.

Untuk mendukungnya sebagai penjelajah, Triumph membekali dengan ban jenis run flat yang tetap bisa jalan ketika terhantam benda keras atau tajam. Lampu utamanya didukung dua lampu kabut yang masing-masing berkekuatan 55 watt untuk berkendara malam hari atau menerpa badai dan kabut tebal.

Mesin berkapasitas 1.215cc tiga silinder yang mampu memproduksi tenaga 135 PS dengan torsi maksimum 120,5 Nm. Dukungan lain datang dari kontrol traksi dan ABS untuk penjelajahan medan licin. Semua performa itu di-back up dengan layanan garansi servis tiap 16.000 km dan garansi mesin dua tahun dengan jarak tak terbatas.

Karena habitatnya yang bisa di mana saja, jenis adventure seperti ini harus punya ground clearance tinggi dengan ban setengah pacul. Hampir semua merek punya varian seperti ini. BMW punya R1200GS, atau Yamaha yang pernah memamerkan Tenere di IIMS tahun lalu. KTM dan Honda juga menyediakannya, bahkan pernah dipakai di ajang Rally Dakkar.

Belum ada rilis soal harga. Dan di Indonesia, varian ini juga akan segera masuk melalui pintu dealer resmi PT Megahputra Sejahtera dengan showroom Troupe di kawasan Jl. Abdul Majid, Cipete, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com