Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeffrey Polnaja Bersiap Menerjang Kawasan Liar Siberia

Kompas.com - 02/08/2012, 17:19 WIB

Moskwa, KompasOtomotif — Setelah berbagai cobaan menghadang perjalanan melintasi tujuh negara di Eropa, Jeffrey Polnaja, akrab disapa Kang JJ, tengah bersiap melanjutkan penjelajahan ke kawasan paling liar dan beku, Siberia. Posisi terakhir di Rusia, dengan kondisi fisik (ia dan BMW R1150GS) dinyatakan sangat prima.
 
Kang JJ mengawali perjalanan Ride For Peace II pada 25 Juni 2012 dari Perancis, lalu bergerak menuju Belgia, Belanda, Jerman, Polandia, Belarus, dan masuk ke Rusia pada akhir Juli, dan telah menempuh jarak 7.200 km.

“Saya bersyukur menyelesaikan Ride for Peace di tujuh negara pertama. Rusia adalah negara persinggahan saya saat ini, dan negara ini sangat penting karena akan menjadi titik awal rencana memasuki Siberia yang dikenal liar, terasing, dan sulit diprediksi,” kata pria kelahiran Bandung itu.

Ditolong cuaca
Selama perjalanan di tujuh negara Eropa tersebut Kang JJ mengaku tertolong cuaca. Pemanasan global telah mempengaruhi masa musim panas. Meski demikian, secara keseluruhan cuaca sangat bersahabat selama perjalanan, kendati sesekali Jeffrey dihadang hujan dan awan gelap.

Jeffrey berharap total jarak tempuhnya mencapai 10.685 km, dari Moskwa hingga Vladivostok. “Apabila sehari bisa menempuh 500 km, atau sama dengan Jakarta-Semarang, maka Moskwa hingga Vladivostok memerlukan waktu 21 hari. Dengan catatan, setiap hari saya berkendara,” urainya. 

Rute yang akan dilalui Jeffrey terdiri dari tujuh tahapan, yaitu Moskaw-Chelyabinks, Rusia (1.880 km); Chelyabinks, Rusia-Astana, Kazakhstan (1.020 km); Astana, Kazakhstan-Irkutsk, Rusia (1.093 km); Irkutsk, Rusia-Ulaan Bator, Mongolia (859 km); Ulaan Bator, Mongolia-Chita, Rusia (1.113 km); Mongolia-Chita, Rusia- Khabarovsk, Rusia (2.100 km); dan Khabarovsk, Rusia-Vladivostok, Rusia (760 km).

Ancaman dingin
Jeffrey khawatir bila terlalu lama tertahan, musim gugur akan segera datang. Itu berarti perjalanan semakin sulit lantaran hujan akan dominan dan udara semakin dingin. Namun, Kang JJ sudah menyiapkan diri agar mampu melewati setiap tantangan.

“Kehilangan motor di Belanda jelas mengganggu perjalanan, tetapi tetap ada hikmah di balik itu. Setidaknya, kini banyak orang di Eropa jadi tahu Ride for Peace,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada 2006 hingga 2008, Jeffrey telah menaklukkan 72 negara mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa. Rencana sekarang, Kang JJ akan berkelana sejauh 220.000 kilometer melintasi beberapa negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Australia.

Sekitar 30 negara akan disinggahi, yaitu Perancis, Belgia, Belanda, Jerman, Skandinavia, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kuba, Kolombia, Nikaragua, Bolivia, Brasil, Argentina, Peru, Selandia Baru, Australia, dan Timor Leste. Jeffrey berencana sampai kembali di Jakarta pada  2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com