Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Indonesia "Recall" Feroza

Kompas.com - 14/04/2011, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, 14 April 2011, PT Astra Daihatsu Motor mengumumkan recall terhadap produk lawasnya, Feroza produksi 1993-1998, berjumlah 51.993 unit. Dicurigai ada kebocoran yang diakibatkan keretakan pada katup pernapasan tangki bahan bakar.

Menurut PT Astra Daihatsu Motor (ADM), instruksi recall datang dari prinsipal Daihatsu Motor Company (DMC) di Jepang—berlaku di seluruh dunia—setelah ada mobil terbakar karena uap bensin yang bocor masuk ke ruang kabin.

"Sampai hari ini, di Indonesia belum ada kasus yang terjadi terkait masalah ini. Namun, sudah saatnya Daihatsu memberikan contoh tanggung jawab kepada konsumen sehingga konsumen mérasa aman dan nyaman dalam berkendara," ujar Amelia Tjandra, Direktur ADM di Red Square, Kompleks Plaza Senayan, Jakarta Selatan, hari ini.

Amelia melanjutkan, bila dari total kendaraan yang terkenal recall masuk 50 persen, maka ADM sudah menyiapkan dana Rp 8 miliar untuk perbaikan dan penggantian komponen. Jika dirata-rata, maka setiap perbaikan per unit akan memakan biaya Rp sekitar 307.000 untuk suku cadang dan ongkos tenaga.

"Daihatsu sudah lama tak memproduksi Feroza dan masih menyisakan 5 persen konsumen yang datang ke bengkel resmi. Mereka ini akan dihubungi langsung. Sisanya, kami harap semua konsumen Feroza yang membaca berita di media bisa langsung menghubungi Daihatsu," harap Amelia.

Untuk jasa perbaikan, Daihatsu mengerahkan semua jaringan yang terdiri dari 100 lokasi di seluruh Indonesia. Proses pengerjaan di bengkel diperkirakan butuh waktu 1 jam. Terhitung hari ini, selama 1 tahun, recall Feroza resmi bergulir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com