Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delica Makin "Lemas", Mitsubishi Sadar Sejak Awal

Kompas.com - 09/06/2017, 13:09 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tak terlalu berharap banyak dengan penjualan MPV Delica. Angka flat tiap bulan sudah disadari sejak awal, meski sebenarnya tetap ada usaha untuk mendongkraknya lebih laku lagi.

Terakhir, langkah yang dilakukan MMKSI adalah bekerjasama dengan para pelaku bisnis perhotelan, masuk ke segmen fleet, perusahaan, dan rental. Tapi hasilnya nihil. Sport Utility MPV itu cuma terjual 25-30 unit per bulan. Sangat kecil, namun MMKSI menganggap hasil itu sudah cukup bagus.

”Cukup baik (sustain 25-30 unit per bulan), walau kita bicara di segmen yang sangat kecil. Market share sempat naik, meski bicara satu digit, dari 7 persen menjadi 8 persen,” ujar Irwan Kuncoro, Direktur Pemasaran dan Penjualan MMKSI.

Kendati dianggap sangat kecil penjualannya, namun MMKSI bergeming dan tetap menjual Delica apa adanya. Tidak ada strategi khusus lagi, kecuali mengedepankan keistimewaan produk sebagai MPV yang punya kelebihan mirip SUV dengan DNA khas Mitsubishi.

”Sejak awal, kami tahu kalau segmennya kecil. Strategi dari dulu sebetulnya bagaimana kami memperkenalkan kembali MPV-nya Mitsubishi. Ini bagian dari jembatan kkonsep ke XM, karena bagaimana pun, DNA Mitsubishi adalah SUV,” ujar Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com