Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hasil Konsumsi Bahan Bakar All-new Soopy Terbaru

Kompas.com - 24/04/2017, 08:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Asra Honda Motor resmi luncurkan model barunya All-new Scoopy di akhir Maret 2017. Meski masih menggendong mesin sama, tapi dari sisi tampilan, model modern retro Honda ini cukup berbeda dari sebelumnya.

Kali ini pembahasan tidak difokuskan pada urusan tampang atau performa mesin, tapi terkait dengan pengujian konsumsi bahan bakar yang dilakukan redaksi KompasOtomotif. Secara sederhana, studi dilakukan dengan menggunakan metode fuel to fuel saja.

Penghitungannya di mulai dengan mengisi penuh tanki (pengisian pertama), kemudian sepeda motor digunakan dengan jarak tertentu. Selanjutnya, tanki diisi kembali (pengisian kedua) mencari tahu berapa liter bensin sudah terpakai. Baru yang terakhir melakukan pembagian, antara jarak dan jumlah bensin pada pengisian kedua.

Selama pengujian beberapa hari, Scoopy terbaru diajak berkendara di jalanan Ibukota dengan segala kondisinya, seperti banyak bertemu lampu lalu lintas dan kemacetan. Perlu diketahui, KompasOtomotif juga tidak mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS), yang kemungkinan bisa menghemat konsumsi bahan bakar lebih baik lagi.

Ghulam/KompasOtomotif Honda All-new Scoopy.

Dalam beberapa hari, total jarak yang berhasil ditempuh setelah pengisian pertama adalah 119,8 kilometer, yang didapat dari pengurangan antara jarak terakhir (677,4 km) yang ditunjukkan odometer dan jarak awal 557,6 km, ketika melakukan pengisian bensin full pertama.

Kemudian pada pengisian kedua atau di akhir trip, bensin yang harus diisi sampai tangki full kembali sebanyak 2,78 liter. Artinya perlu 2,78 liter bensin untuk 119,8 kilometer. Bahan bakar bensin (BBM) yang digunakan adalah jenis Pertalite milik Pertamina, dengan Research Octan Number (RON) 90.

Jadi rata-rata konsumsi bahan bakar All-New Honda Scoopy oleh redaksi KompasOtomotif, yang memiliki berat badan 95 kilogram, dan dengan gaya berkendara standar, dan sesuai kebutuhan di jalan, yaitu 43,09 kilometer per liter.

Sementara klaim efisiensi BBM Honda All-new Scoopy sebesar 61, 9 kilometer per liter dengan metode ECE R40 Euro II Test Mode dan dengan mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com