Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mocin" Roda Tiga Ini Viral

Kompas.com - 14/12/2016, 13:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Penampakan model kendaraan tiga roda buatan China menyebar di dunia maya. Kendaraan dengan tampilan lucu dan unik ini cukup menarik perhatian netizen di Indonesia ataupun Malaysia.

Bermula dari akun Facebook Wildan Hakim, KompasOtomotif coba melakukan penelusuran di lokasi situs lain, dan ternyata kendaraan ini sedang jadi buah bibir di media sosial masyarakat Malaysia.

 

Mengutip salah satu media Malaysia The Reporter, Selasa (13/12/2016), penyebaran foto motor tiga roda dengan bodi tertutup ini dilakukan oleh salah satu akun Facebook yang dianggap tidak bertanggung jawab (tidak disebutkan nama akunnya).

Akun tersebut memberitakan bahwa kendaraan tersebut sudah hadir di Malaysia dan akan dipasarkan dengan harga promosi 2.000 ringgit atau Rp 6 jutaan. Motor ini berpenggerak listrik dan diklaim memiliki kecepatan maksimal 60 kpj.

Berdasarkan pencarian di internet, sepeda motor roda tiga ini dijual di China dengan harga 12.800 yuan atau setara dengan 8.200 ringgit atau Rp 24 juta, terdiri dari berbagai variasi pilihan warna.

Masih menurut The Reporter, kendaraan roda tiga ini (foto terlampir) telah lama berada di pasar China dengan berbagai merek, bahkan juga sudah dipasarkan di Indonesia. Memang, ada cukup banyak produsen kendaraan roda tiga di Indonesia, seperti yang kita kenal ada Viar, Nozomi, Kaisar, dan Tossa.

Model kendaraan seperti ini ternyata cukup banyak diproduksi oleh produsen kendaraan asal China. Hal itu bisa coba ditelusuri di laman situs jual beli Made-in-China.Com, dengan kata kunci "transportation" dan "electric tricycle", maka akan muncul berbagai jenis dengan model serupa.

Made-in-China.com Salah satu kendaraan roda tiga berpenggerak listrik yang dipasarkan di situs Made-in-China.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com