Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita Rasa Premium di Mobil Konsep Datsun GO-Cross

Kompas.com - 14/08/2016, 12:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Menjaga karakter dan nilai filosofis sebuah merek jadi satu kesulitan sendiri bagi seorang desainer ketika membangun satu konsep mobil baru. Tidak jarang juga, guratan gambar sketsa meleset dari nilai pokok dan bercampur dengan taste pribadi.

Kondisi ini yang ternyata juga dirasakan oleh Kei Kyu, Datsun Executive Design Director Nissan Motor Co, yang juga turut mendesain dari mobil konsep GO-Cross. Sebelum mendesain untuk Datsun, Kyu adalah desainer untuk jajaran Infiniti, di antaranya Q30 dan mobil konsep Infiniti Q80 Inspiration.

“Tentu saja karier saya begitu lama ada di Infiniti, dan saya sungguh familiar dengan model premium tersebut. Lalu ketika saya ditugaskan untuk merancang mobil konsep Datsun, GO-Cross, ini bisa dikatakan sebuah tantangan besar,” ujar Kyu, Kamis (11/8/2016).

Ghulam/KompasOtomotif SUV kompak Datsun Go-Cross.

“Kesulitannya adalah bagaimana saat saya mendesain ini, nuansa merek Datsun akan tetap terjaga. Pasalnya, setiap merek mulai dari Infiniti, Nissan, dan Datsun memiliki karakternya masing-masing, dan itu tidak boleh hilang,”ujar Kyu.

Kyu menambahkan, tanpa harus menghilangkan karakter Datsun, nuansa kemewahan ala Infiniti bisa sedikit dituangkan dalam konsep mobil masa depan tersebut. Pastinya semua dirancang untuk memuaskan konsumen.

“Memang Datsun memiliki karakter sendiri, dan berbeda dengan Infiniti. Namun, dalam eksekusi sebuah karya seni, kami bisa memberikan nuansa keindahan dan kemewahan. Kami bisa meraih sebuah karya premium dengan karakter unik,” tutur Kyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com