Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah MotoGP, Sentul Memenuhi Standar Balap F1

Kompas.com - 20/11/2015, 09:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Indonesia pada 2017 mendatang menjadi salah satu tuan rumah MotoGP. Balapannya akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mulai Desember 2015, Sirkuit tersebut sudah mulai direnovasi dan akan mendapatkan grade satu.

Tinton Soeprapto, Direktur Sirkuit Internasional Sentul menjelaskan, karena didesain oleh Hermann Tilke yang sudah berpengalaman mendesain sirkuit internasional, Sirkuit Sentul nantinya selain bisa digunakan MotoGP juga balapan Formula One (F1).

“Kalau MotoGP sukses di Indonesia tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa menyelenggarakan F1,” ujar Tinton dalam acara Press Conference di kantor Dewan Pertimbangan Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2015) lalu.

Ayah dari pebalap Moreno dan Ananda Mikola itu menambahkan, bahkan Indonesia bukan hanya sekedar menyelenggarakan, tapi juga menjadi tuan rumah di negara-negara Asia untuk balapan F1. Namanya bukan lagi F1 Indonesia, tapi Southeast Asia Formula1 in Sentul.

“Jadi seperti negara-negara di Asia lainnya sewa ke Indonesia. Itu juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Kami percaya diri karena Sentul didesain oleh Tilke yang sudah berpengalaman. Sirkuit di dunia, 70-80 persennya didesain oleh dia,” katanya.

Menurut Tinton, meski pecinta MotoGP di Indonesia lebih banyak tapi peminat balapan F1 di Indonesia juga cukup tinggi. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang menginginkan F1 digelar di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com