Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang AC "Double Blower", Siapkan Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 14/08/2015, 07:19 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Penyejuk ruang kabin atau air conditioner (AC) merupakan piranti wajib tersedia di kendaraan, termasuk mobil multi guna (Multi Purpuse Vehicle/MPV). Jenis MPV dengan ruang kabin yang luas, membutuhkan AC jenis double blower agar kesejukan udara sampai ke kursi baris ketiga. Tapi, masih ada produsen mobil yang menyediakan varian MPV dengan AC single blower.

Bagi yang memiliki MPV seperti Toyota Innova, Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, serta Honda Mobilio dan belum memiliki AC blower ganda jangan khawatir. Kini sudah banyak bengkel spesialis AC yang menerima jasa pasang AC double blower.

Salah satunya bengkel spesialis AC mobil GreenOto yang berada di jalan Dermaga Raya nomor 8, Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur. Hendra Poh, pemilik bengkel mengatakan, untuk pemasangan AC double blower pada MPV, harga dan modelnya tergantung permintaan konsumen.

“Kita ada yang original dan imitasi. Tapi saya lebih banyak pasang yang asli, karena yang imitasi kualitas serta tampilannya kurang bagus,” kata Hendra saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

GreenOto AC doubler blower siap di pasang di mobil

Pria berkulit putih itu menambahkan, pasang AC double blower untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, harganya mulai Rp 3 jutaan hingga Rp 4,2 juta, sedangkan Toyota Innova mencapai Rp 10,5 sampai Rp 11 juta.

“Kita bicara yang asli, untuk Avanza pakai produk asli Rp 4,2 juta dan Innova Rp 11 juta paling mahal. Kita pakai produk Denso, karena Toyota berhubungan dengan Denso. Kalau yang imitasi ada, tapi hanya untuk Avanza, Innova tidak ada, karena harus menggunakan yang bawaan pabrik,” bebernya.

Ketika memasang AC double blower, Hendra menambahkan, tidak ada part yang harus diganti selain menambahkan atau instalasi kabel-kabel. Hanya saja untuk Innova harus mengganti plafon atas dan memasangkan AC double blower, sedangkan Avanza-Xenia tidak, karena tinggal memasang unit double blower.

“Dari segi kualitas tentunya sama seperti AC double blower aslinya, karena kami menggunakan yang asli. Proses pengerjaannya juga hanya kurang lebih sekitar enam jam. Untuk Ertiga dan Mobilio juga sudah ada, tapi kami lebih sering melayani mobil Toyota,” tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com