Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Diler Toyota Fokus ke Layanan Konsumen

Kompas.com - 04/06/2015, 18:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penataan bisnis diler Toyota yang baru saja diumumkan Astra International dan Toyota Motor Corporation, Rabu (3/6/2015), menghapus peran diler utama yang selama ini dipegang oleh Auto2000, Nasmoco, Agung Automall, Hasjrat Abadi, dan Hadji Kalla.

Pengatur distribusi unit akan diperankan Toyota Astra Motor mulai tahun depan. Jadi fungsi diler-diler disetarakan dan hanya fokus pada layanan konsumen.

“Mereka (diler) akan lebih berorientasi kepada konsumen dengan aftersales yang bagus dan delivery bagus. Sebutannya bukan main diler lagi tapi diler founder,” ujar Senior GM Head of Public Relations Division Corporate Communication Astra Internatonal Yulian Warman, di media gathering Astra International di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Kebijakan baru dianggap efisiensi birokrasi karena sebelumnya lima diler utama Toyota punya strategi distribusi ke sub-diler masing-masing. Peran distribusi ke sub-diler akan diambil alih TAM secara bertahap hingga rampung pada Maret 2016.

“Ini akan menjadi tambahan pekerjaan buat TAM karena sekarang bertanggung jawab langsung ke 275 diler Toyota. Jadi TAM sebagai satu induk yang mengontol, dulu yang bertanggung jawab adalah diler utama,” jelas Yulian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com