Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cermat Memilih Kaca Film Mobil

Kompas.com - 30/12/2014, 13:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memasang kaca film bak memutuskan ”jodoh” untuk mobil. Ada banyak pertimbangan yang akan menentukan kenyaman Anda di dalam mobil. Ternyata untuk memilih tidak gampang dan wajib meningkatkan ketelitian. Merek mahal bukan menjadi jaminan, yang penting menyesuaikan dengan kebutuhan.

Iwan Udaya, Direktur PT Krisant Pundimas Sejahtera, pemasar kaca film merek Wincos dari Jepang di Indonesia, mengatakan kepada KompasOtomotif, Selasa (30/12/2014), bahwa memilih film untuk kaca mobil gampang-gampang susah. ”Harus teliti, tidak bisa sembarangan, atau menyesal di kemudian hari,” kata Iwan.

Ada beberapa tips untuk memandu pengguna memilih kaca film yang tepat. Berikut ringkasannya:

1. Merek. Pilih merek yang meyakinkan atau diusahakan mencari brand internasional. Dengan begitu, prinsipal jelas, dan ada hubungannya dengan garansi. Untuk memastikannya, bisa dicek di internet.

2. Tingkat ”kegelapan” dan penahan panas. Gelap tidak harus mengurangi daya pandang. Kaca film yang baik akan menjamin terangnya visibilitas, terutama saat malam hari.

3. Tingkat penolakan panas. Soal ini sudah banyak merek yang mengklaim. Namun satu-satunya cara adalah mengetesnya dengan IR Rejection pada level 1.400 nm (nano meter). Dari alat itu bisa dilihat, seberapa besar kemampuan film menolak sinar ultra violet.

”Kebanyakan kaca film bagusnya di 1.000 nm. Padahal panas terik di atas pukul 10.00 untuk mengetes di atas 1.400 nm,” jelas Iwan.

4. Bahan. Carilah film dengan bahan dasar non-metal. Biasanya, film dengan bahan dasar metal akan menimbulkan karat untuk pemakaian dalam jangka waktu lama.

5. Garansi. Cari perusahaan yang concern dengan garansi. Mulai dari munculnya gelembung, bintik, atau perubahan warna. Garansi biasanya minimal lima tahun. Prinsipal akan memberi garansi material film. Sementara toko akan memberi garansi pemasangan.

6. Toko yang representatif. Hal ini ada hubungannya dengan tenaga pemasang yang terampil. Salah cara memasang, efek buruk di kemudian hari akan cepat terasa. Pastikan film yang dipasang pada mobil sesuai dengan spesifikasi permintaan Anda. Sering terjadi, saat pembeli menawar terlalu rendah, sebagian film dipasang merek lain tanpa sepengetahuan pembeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com