Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Kabin Bisa Ganggu Kerja "Airbag"

Kompas.com - 04/12/2014, 13:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Di balik dashboard mobil ada banyak penghubung sistem kerja termasuk perangkat keselamatan kantung udara untuk mobil modern. Hati-hati bila ingin memodifikasi dashboard dengan memakai pelapis tambahan, pasalnya ada kekhawatiran bisa menghambat fungsi kantung udara.

Edy dari rumah modifikasi interior Vertue Concept memaparkan hal ini perlu diperhatikan sebab bisa saja pemilk atau bengkel kurang awas, menutup seluruh dashboard dengan pelapis menghalangi kerja kantung udara saat dibutuhkan.

“Logika dasarnya seperti itu, memang belum ada pengujian tapi kita tidak pernah merekomendasikan melapisi dashboard, kalau mau lebih baik di cat saja,” jelas Edy saat KompasOtomotif bertanya tentang konsep modifikasi pada All-New Yaris, Rabu (3/12/2014).

Lagipula, lanjut Edy, ketebalan pelapis walau hanya satu milimeter bisa menyulitkan proses pemasangan. Dashboard termasuk komponen yang cukup sulit dibongkar dan dipasang. Hal yang sama juga berlaku untuk setir, tempat kantung udara utama buat pengemudi disimpan.

Selain berperan sebagai pelindung sebagian besar perangkat keras sistem mobil, sisi kabin dashboard punya estetika dan memengaruhi desain interior untuk kenyamanan penumpang. Sebab itu pemilik tidak jarang mempercantik sektor ini dengan berbagai cara, misalnya dengan menaruh dekorasi, ini juga perlu diperhatikan, sebaiknya jangan diletakan di atas wadah penyimpanan kantung udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com