Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R1 Terbaru Bukan Sekadar Evolusi

Kompas.com - 04/11/2014, 14:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Gizmag Warna kombinasi merah dan putih mutiara sebagai pilihan.

Milan, KompasOtomotif – Yamaha meluncurkan YZF-R1 terbaru, sehari sebelum penyelenggaraan EICMA, di Milan, Italia, Senin (3/11/2014). Bukan cuma facelift, sepeda motor yang masuk kategori top of the line ini benar-benar baru. Produsen berlogo garputala itu ”merevolusi” semua bagian, mulai perwajahan hingga performa.

Versi baru ini diklaim punya tenaga 200 tk dengan bobot 199 kg (posisi full tank). Angka tersebut berarti 18 tk lebih banyak dan 7 kg lebih ringan ketimbang R1 lama. Kombinasi itu memberikan power-to-weight ratio lebih dari 1 tk/kg, menjadikannya sebagai salah satu sepeda motor terbaik di pasaran.

Model ini punya mesin 998cc crossplane 4-silinder segaris. Batang piston (conrod) dari titanium membuatnya 60 persen lebih ringan ketimbang baja. Injektor bahan bakar dua arah, bekerja dengan airboks 10,5 liter. Emisi dibuang melalui knalpot titanium yang elegan.

Gizmag Performa jauh meningkat ketimbang model lama.

Bobot dan pengendalian kendaraan ditopang oleh rangka deltabox aluminium dengan jarak sumbu roda lebih pendek 10mm. Lengan ayun juga terbuat dari aluminium tipe truss yang agak mendongak ke atas. Sub-frame terbuat dari magnesium, begitu juga dengan pelek.

Peranti elektronik jauh lebih top ketimbang pendahulunya. Terdapat Inertial Measurement Unit (IMU) 9-axis yang membuat pengendara bisa melakukan kendali sepeda motor dengan mudah. Pengontrol lainnya adalah traksi, kemiringan, sliding, roda depan terangkat, pemindah gigi yang cepat, kontrol gas untuk start, ABS, hingga peranti rem advance.

Gizmag Buritan meruncing, knalpot dari titanium, mencerminkan ringan dan kencang.

Penampilan
Dari sisi penampilan, wajahnya benar-benar beda. Inspirasi awal diambil dari YZR-M1 MotoGP. Lubang isap terdapat pada bagian depan. Lampu LED dengan bulatan kecil terselip di bawah lubang, membuat posisinya tersamarkan.

Gaya sporty juga sangat kental di belakang. Yamaha mendesainnya seperti sepeda motor balap, dengan ujung meruncing namun tidak melupakan fungsionalitas jika dibuat berboncengan. Tangki seperti diberi sirip untuk membantu pendinginan mesin.

YZF-R1 2015 ini tersedia dalam tiga pilihan warna, kombinasi biru-silver, merah-putih mutiara, dan abu-abu. Sepeda motor mulai tersedia di berbagai dealer Eropa dan Amerika Serikat mulai awal tahun depan. Perkiraan harga di AS 16.490 dollar atau setara Rp 199,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com