Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Sport Murah Yamaha Bermesin BlueCore

Kompas.com - 22/10/2014, 07:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Satu per satu sepeda motor Yamaha bermesin BlueCore yang lebih ramah lingkungan dan irit bermunculan. Setelah model sport FZ FI V2.0 meluncur di India, lalu disusul skutik Nozza Grande di Vietnam, kini lahir SZ-RR mengisi trah sepeda motor sport murah yang juga ditujukan untuk pasar India.

Disebut murah karena harganya cuma 63.500 rupee, atau jika dikonversikan hanya Rp 12,4 juta. Meski sudah sangat terjangkau, model ini tetap akan masuk di kategori medium. Pasalnya, masih ada segmen sepeda motor sport yang lebih murah dengan harga di kisaran Rp 8 juta-Rp 10 juta. Sementara FZ FI V2.0 dibanderol 76.250 rupee atau setara Rp 15 jutaan.

Nilai jualnya ada pada mesin berteknologi BlueCore yang membuat mesin minim friksi hingga jauh lebih irit dan bertenaga. Bagian ini akan sama dengan yang digunakan FZ FI V2.0, tetapi minus teknologi injeksi alias masih menggunakan karburator demi mengejar harga murah.

Mesin ini sanggup memproduksi daya hingga 12,1 tk @7.500 rpm dan torsi maksimal 12,8 Nm @6.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan.

Model juga berubah jika dibandingkan FZ FI, tampak lebih ramping dengan tiga paduan warna. Ban tipe tubeless, panel instrumen menarik. Suspensi depan teleskopik dan belakang per konvensional. Rem depan cakram, belakang tromol. Sepeda motor ini membidik konsumen pria menikah dengan usia antara 24-35 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com