Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergaya Santai, Jokowi Serahkan Trofi MotoGP Indonesia 2024

Kompas.com - 29/09/2024, 15:45 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS. com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali menyerahkan trofi kepada para pemenang MotoGP Indonesia 2024 yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok Timur, NTB, Minggu (29/9/2024).

Tampil santai dengan mengenakan kaus biru polos dan celana hitam panjang, dirinya turut menyampaikan selamat kepada juara Jorge Martin, Pedro Acosta, dan Francesco Bagnaia.

Berbeda dari sebelumnya, kini Jokowi ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo .

Baca juga: Hasil MotoGP Indonesia 2024, Martin Juara, Bagnaia Ketiga

Seremoni tersebut merupakan kedua kalinya dilakukan oleh Jokowi setelah absen pada MotoGP Indonesia 2023 lalu. Kala itu dirinya terpaksa harus mendatangi agenda kenegaraan di Bali dalam waktu yang sama.

Alhasil, proses seremoni dan penyerahan trofi kepada para pebalap dan penyelenggara diwakilkan oleh Erick Thohir dan jajaran lainnya.

Kali pertama Jokowi naik panggung MotoGP Indonesia saat tahun 2022. Ia menggunakan jaket warna merah bertuliskan G20 Indonesia 2022 ditemani Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Dua tahun lalu, urutan pertama diraih oleh Miguel Oliveira, pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing, yang mampu menyelesaikan 20 putaran balapan dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.

Baca juga: Live MotoGP Indonesia 2024, Motor Marc Marquez Terbakar

 

Presiden Joko Widodo saat memberikan trofi kepada juara pertama gelaran perdana MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira, Minggu (20/3/2022).Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat memberikan trofi kepada juara pertama gelaran perdana MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira, Minggu (20/3/2022).

Selain kepada Oliveira, Kepala Negara juga menyerahkan trofi kepada pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo yang menempati podium kedua serta pembalap Pramac Ducati Johann Zarco yang menduduki podium ketiga.

Jokowi juga menyampaikan cendera mata kepada CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta. Bingkisan yang diberi nama Indonesia Spice Up The World (ISUTW) tersebut berisi beragam rempah-rempah asal Indonesia.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada CEO Dorna, Bapak Carmelo,” kata Jokowi dalam keterangannya.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, terutama pada masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh dan juga seluruh pihak, baik penyelenggara maupun seluruh pekerja yang telah bekerja siang malam menyiapkan event besar ini,” ujar dia lagi.

Sebelumnya, Jokowi tiba pada di Sirkuit Mandalika pada pukul 14.00 WITA. Presiden menaiki mobil R1 berwarna hitam yang berjalan menuju area belakang paddock ditemani Erick Thohir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau