Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelakuan Unik Pebalap di MotoGP Indonesia Sejak 2022

Kompas.com - 29/09/2024, 15:27 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Indonesia pertama kali digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTT, pada 2022 lalu. Pada saat itu balapan berjalan lancar, Miguel Oliveira berhasil menjadi pebalap pertama yang menang di Sirkuit Mandalika.

Selama tiga musim MotoGP Indonesia digelar di Sirkuit Mandalika, ada saja hal unik yang dilakukan oleh para rider.

Mulai dari aksi Fabio Quartararo yang menirukan Rara Istiati Wulandari, sang pawang hujan. Hingga yang paling terbaru aksi balapan menggunakan becak motor yang dilakukan oleh Pedro Acosta dan Jorge Martin.

Berikut kelakuan pebalap MotoGP yang Kompas.com rangkum sejak musim 2022:

Pembalap MotoGP Mandalika 2022 rela merendam dirinya untuk mencegah risiko heat stroke. Aksi pebalap MotoGP berendam air es.Repro bidik layar via media sosial Pembalap MotoGP Mandalika 2022 rela merendam dirinya untuk mencegah risiko heat stroke. Aksi pebalap MotoGP berendam air es.

  • Alex Rins Berendam di Bak Sampah

Pada debut MotoGP Mandalika beredar foto dan video yang memperlihatkan aksi kocak para pebalap yang merendam diri di berbagai wadah. Mulai dari bak sampah besar hingga kolam plastik untuk balita yang diisi dengan air dingin.

Salah satunya adalah Alex Rins yang terlihat berendam di dalam bak sampah besar berwarna hijau yang sudah berisikan air es. Ini dilakukan untuk menghindari panasnya cuaca dan iklim di Indonesia yang bisa menyentuh 44 derajat celcius.

Baca juga: Intip Safety Car BMW XM Label Red di MotoGP Indonesia 2024

  • Aksi Fabio Quartararo Meniru Pawang Hujan

Aksi pawang Hujan Rara Istiati Wulandari menjadi perbincangan pada gelaran MotoGP Mandalika 2022. Ritual Rara ketika mengusir hujan di Sirkuit Mandalika mencuri perhatian, tak terkecuali untuk pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Quartararo bahkan menirukan gerakan ritual Rara dalam menghentikan hujan. Dalam sebuah video di garasi tim Yamaha, El Diablo terlihat memegang sebuah mangkuk lalu memutarkan sendok.

Pebalap Aprilia Racing Maverick Vinales mengenakan kostum Batman saat berada di podium seusai balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). Francesco Bagnaia memenangi MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27  lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik disusul pebalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nzANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Pebalap Aprilia Racing Maverick Vinales mengenakan kostum Batman saat berada di podium seusai balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). Francesco Bagnaia memenangi MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik disusul pebalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz

  • Maverick Vinales Naik Podium Pakai Jubah Batman

Pebalap Aprilia Racing Maverick Vinales memakai kostum Batman saat naik podium MotoGP Mandalika 2023. Ia juga mengucapkan “boleh pinjam seratus”.

Rider yang mendapat julukan Top Gun itu terlihat memegang jubah saat berjalan menuju podium kedua MotoGP Mandalika 2023.

Tak ayal, penonton langsung menyambut meriah ketika Maverick Vinales muncul menggunakan kostum Batman.

Momen Risman bersama Miguel Oliveira di Paddock Sirkuit Mandalika,.Dok Risman Momen Risman bersama Miguel Oliveira di Paddock Sirkuit Mandalika,.

  • Miguel Oliveira dan Risman

Pada MotoGP 2022, Miguel Oliveira mendedikasikan kemenangannya kepada Risman. Risman merupakan petugas hotel yang membantu Miguel Oliveira selama di Mandalika. Tak hanya itu, menurut Oliveira, Risman juga memberinya dukungan penuh selama ia berada di Lombok.

Pada musim 2023, Oliveira dan Risman kembali bertemu dan keduanya berpelukan.

Aleix Espargaro tampak memparodikan the power of emak-emak di akun Instagramnya.Tangkap Layar Instagram @aleixespargaro Aleix Espargaro tampak memparodikan the power of emak-emak di akun Instagramnya.

  • Aleix Espargaro Bonceng Tiga ‘The Power of Emak-emak’.

Momen menarik di MotoGP Mandalika lainnya adalah aksi pebalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, yang memperlihatkan foto seorang ibu yang membawa anak sekolah. Namun, bukan satu atau dua tetapi empat anak yang dibawa ibu tersebut di atas motornya.

Aleix pun melontarkan kekaguman kepada ibu-ibu tersebut, dan mencoba hal serupa bersama kru Aprilia di paddock tim dengan menggunakan motor Aprilia RS-GP.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau