Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kutukan Marc Marquez, Belum Pernah Finis di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 29/09/2024, 15:08 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Indonesia 2024 kembali digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika. Balapan utama berlangsung pada Minggu (29/9/2024).

Pebalap Gresini Racing Marc Marquez lagi-lagi mengalami nasib buruk di Mandalika. Marquez mengalami kendala pada sepeda motornya memasuki lap 16.

Terlihat rider berusia 31 tahun itu melambat hingga akhirnya keluar lintasan. Desmosedici GP23 yang ditunggangi Marquez tampak mengeluarkan api dari bagian mesin, sejumlah marshal terlihat turut membantu untuk memadamkan api.

Baca juga: Daftar Pemenang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Ini sekaligus menjadi momen ketiga Marquez gagal finis di MotoGP Indonesia.

Pada musim 2022, Marquez mengalami kecelakaan fatal pada sesi warm up di Sirkuit Mandalika. Kecelakaan fatal ini terjadi usai upaya Marquez membelokkan motor RC213V di tikungan ketujuh gagal dilakukan.

Marc Marquez mengalami high side pada sesi warm up MotoGP Mandalika 2022twitter MotoGP Marc Marquez mengalami high side pada sesi warm up MotoGP Mandalika 2022

Akibat insiden tersebut, tubuh Marquez terpental ke udara hingga dirinya berakhir di gravel. Saat itu Marquez masih bisa berjalan didampingi oleh mashal. Namun, dirinya dinyatakan tidak fit untuk mengikuti balapan dan harus menjalani empat kali operasi.

Pada musim 2023, Marquez kembali gagal finis di MotoGP Indonesia. Juara dunia delapan kali itu terjatuh pada balapan utama ketika mencoba melibas tikungan 13 Sirkuit Mandalika memasuki lap ketujuh.

Baca juga: Hasil MotoGP Indonesia 2024, Martin Juara, Bagnaia Ketiga

Sehari sebelumnya, saat melakoni sprint race, Marquez juga mengalami kecelakaan belum genap satu putaran yang dijalaninya.

Insiden pada musim 2024 ini tentu menambah catatan buruk Marquez, di mana The Baby Alien tercatat belum pernah finis sekalipun di MotoGP Indonesia 2024.

 

Kalau motornya tidak bermasalah, Marquez bisa saja finis di posisi 10 besar. Terlebih pada balapan sprint race pebalap asal Spanyol ini mampu meraih podium ketiga usai memulai balapan dari posisi ke-12.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau