Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Harapan Jaya Rilis Bus Tingkat Unik, Ada Sleeper Seat di Dek Atas

Kompas.com - 26/09/2024, 15:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Harapan Jaya kembali meluncurkan bus tingkat baru, kali ini dari garasi Karoseri Laksana. Bus double decker ini menggunakan balutan bodi Legacy SR3 Neo Double Decker Combi.

Neo sendiri singkatan dari New Eksterior Option yang menandakan inovasi desain pada interior terbaru bus Karoseri Laksana. Oleh karena itu, punya konsep kabin yang unit lantaran punya susunan bangku penumpang yang tidak biasa.

Baca juga: Cerita Pecco Bagnaia Soal Servis Motor

Bus ini punya sleeper combi pada area bagian belakang sehingga seolah punya tiga tingkat. Pada bus tingkat umumnya punya bangku sleeper berjumlah dua saja pada dek bawah, tepatnya di belakang kabin pengemudi.

Tapi pada bus ini, jumlah bangku sleepernya ditambah lagi pada area belakang, tepatnya di dek atas. Maka dari itu pada bus tingkat ini totalnya ada 10 bangku sleeper.

Karena kursinya dibuat dua tumpuk, maka seolah seperti tiga tingkat. Padahal, pada dek paling bawah digunakan sebagai ruang bagasi.

Bus tingkat PO Harapan JayaInstagram @Laksanabus Bus tingkat PO Harapan Jaya

Baca juga: Sirkuit Mandalika Menurut Alex Marquez, Tercantik tapi Kotor

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Bedanya buat bus baru Laksana ini, ada dek bawah, kemudian saat naik ke atas, terbagi jadi dua kabin, ke depan standar 2-2, ke belakang ada bangku sleeper yang bertumpuk. 

Karena ini merupakan varian Combi, maka tidak hanya ada bangku sleeper saja. Namun ada juga bangku kelas eksekutif model reclining dengan konfigurasi 2-2. Pada dek bawah bangku model ini ada pada area belakang, pada dek atas ada di area paling depan. 

Bus ini sebenarnya pernah mejeng pada ajang GIIAS 2024 dengan visual versi pameran, yakni kelir putih saja. Namun saat ini sudah menggunakan desain khas PO Harapan Jaya dengan kelir putih kombinasi oranye.

Hanya saja, kini tidak ada gambar gerobolan kuda seperti biasanya, kini gambar kuda pada bus jumlahnya hanya satu dengan ukuran kecil. Sementara itu, sasis yang digunakan oleh bus ini adalah Volvo B11R - 450HP [I-SHIFT] Euro 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau