Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pebalap Lokal Ikut Balapan di MotoGP Indonesia 2024

Kompas.com - 26/09/2024, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Indonesia 2024 yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit juga akan diikuti oleh pebalap lokal. Ada dua pebalap yang akan ikut bersaing, yakni Mario Suryo Aji dan Fadillah Arbi Aditama.

Mario merupakan pebalap reguler di kelas Moto2 bersama Honda Team Asia. Musim ini jadi yang pertama kalinya Mario balapan di Sirkuit Mandalika sebagai pebalap Moto2.

Baca juga: Ikut Parade, Pebalap MotoGP Terkesima dengan Sambutan Warga Lombok

Dua tahun sebelumnya, Mario turun sebagai pebalap Moto3 hingga dua musim. Mario merupakan alumni Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2016 yang kemudian melakukan debutnya di ajang Thailand Talent Cup.

Pebalap Honda Team Asia Mario Suryo Aji memacu kecepatan sepeda motornya saat latihan bebas 3 (FP3) Moto3 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Terkini, Mario Aji finis ke-21 di Moto3 Malaysia 2022. ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pebalap Honda Team Asia Mario Suryo Aji memacu kecepatan sepeda motornya saat latihan bebas 3 (FP3) Moto3 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Terkini, Mario Aji finis ke-21 di Moto3 Malaysia 2022.

Pebalap lokal lainnya adalah Arbi, yang akan menjadi pebalap wildcard di kelas Moto3 bersama Honda Team Asia. Arbi juga merupakan jebolan AHRS pada tahun 2019. Saat ini, Arbi berlaga sebagai pebalap regular di ajang balap International FIM JuniorGP yang berbasis di Eropa.

Sebelumnya, Arbi sudah dua kali menjadi pebalap wildcard Moto3 di musim ini. Pertama, pada saat MotoGP Catalunya 2024. Lalu, yang kedua adalah MotoGP Aragon 2024.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Honda Team Asia (@honda_team_asia)

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Sebut MotoGP Indonesia Seri yang Spesial

Tahun lalu, Arbi juga sempat menjadi pebalap wildcard saat MotoGP Indonesia 2023. Saat itu, Arbi berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-17.

Pembalap Honda Team Asia Fadillah Arbi Aditama mengangkat  jempol jelang balapan Moto3 rangkaian balapan MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (12/10/2023). Arbi menjadi pembalap Indonesia pertama yang mendapatkan kesempatan wildcard di seri MotoGP Mandalika kelas Moto3. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Spt. ANTARA/WAHYU PUTRO A Pembalap Honda Team Asia Fadillah Arbi Aditama mengangkat jempol jelang balapan Moto3 rangkaian balapan MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (12/10/2023). Arbi menjadi pembalap Indonesia pertama yang mendapatkan kesempatan wildcard di seri MotoGP Mandalika kelas Moto3. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Spt.

“Ini kali kedua saya jadi pebalap wildcard di Mandalika. Tahun lalu, saya finish di posisi 17. Tahun ini, tentu target saya harus lebih baik lagi. Secara fisik, mental dan teknis, saya siap untuk memberikan hasil terbaik di Mandalika,” ujar Arbi, dalam keterangan resminya.

Arbi menambahkan, balapan di Indonesia bersama Mario Aji, menjadikan ini balapan yang sangat istimewa bagi dia dan Mario.

"Saya akan memberikan yang terbaik untuk meraih hasil terbaik. Tujuan saya adalah untuk terus belajar di kategori ini, meningkatkan diri dan gaya berkendara saya dengan motor. Saya berharap dapat memperoleh lebih banyak pengalaman dan mempelajari pelajaran baru selama balapan penting ini," kata Arbi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau