Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arti Type R, Type S, Si, dan RS pada Lini Produk Honda

Kompas.com - 02/06/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Honda merupakan merek kendaraan roda empat global yang sudah banyak memiliki lini produk. Salah satu core atau inti dari mobil Honda adalah motorsport.

Oleh karena itu, ketika melihat produk Honda secara keseluruhan, ada beberapa tipe yang merujuk ke balapan. Kasta paling tinggi pada mobil Honda yang fokus ke balap adalah Type R.

Selain itu, ada mobil lainnya yang disematkan dengan varian yang juga sporty. Misal seperti Type S, Si, dan khususnya RS yang paling banyak terlihat di jalanan Indonesia.

Baca juga: Sensasi Geber Honda Civic Type R di Sirkuit Mandalika

NSX Type R www.supercars.net NSX Type R

Ferdianto Budiono, New Business Planning Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan, beberapa arti dari tipe yang disebutkan di atas. Memang untuk pasar Indonesia, cuma tersedia Type R dan RS.

"Type R itu adalah sebuah model yang kami buat dengan menggabungkan performance dari mobil balap dan juga kesenangan berkendara yang luar biasa," ucap Ferdianto di Mandalika, Lombok, NTB, Selasa (30/5/2023).

Artinya, model Honda yang disematkan Type R seperti Civic Type R merupakan produk yang punya performa tinggi tapi bisa dipakai di jalan raya. Type R sendiri mulai muncul di tahun 1992, saat itu dipakai di NSX R NA1.

Baca juga: Ramaikan Persaingan Bus AKAP, PO Mutiara Express Rilis 6 Sleeper Bus

Honda Civic Type R 1997 http://www.3dtuning.com Honda Civic Type R 1997

"Setelah itu, Type R hadir di Integra (1995), Civic Type R (1997, 2001, 2010, 2015, 2017, dan 2023), NSX R NA2 (2002)," kata Ferdi.

Soal RS, atau Road Sailing, merupakan mobil yang bergaya sporty. Bedanya dengan Type R, RS merupakan model yang memberikan keseimbangan antara kualitas dan sporty, jadi tidak seagresif Type R.

"Civic RS pertama kali hadir di tahun 1974. Lalu di Indonesia pertama kali ada di Jazz, Mobilio, dan Civic Hatchback," ucap Ferdianto.

Ilustrasi Honda Jazz GE8 generasi kedua model tahun 2013KompasOtomotif Ilustrasi Honda Jazz GE8 generasi kedua model tahun 2013

Keunikan dari RS ada tiga hal, pertama secara eksterior harus lebih baik dari model lainnya. Lalu, kesan sporty harus dibawa pada desain eksterior dan interior, serta terakhir, kualitasnya harus lebih baik dan lebih stylish.

Untuk saat ini, model RS di Indonesia bisa didapatkan pada Brio, WR-V, HR-V, City Hatchback, dan Civic.

Honda NSX Type SCARSCOOPS.com Honda NSX Type S

Sedangkan untuk Type S dan Si sebenarnya ditemukan di varian mobil Honda yang ada di Amerika. Type S artinya Type Sport yang merujuk ke Luxury Sport, sedangkan Si itu kepanjangannya Sport Injected, atau All-round Sport.

Model Type S yang sekarang hadir adalah di Integra terbaru dan NSX generasi terakhir. Sedangkan Si, tersematkan pada model Civic yang ada di Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com