Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Mengecilkan Volume Bisa Bikin Audio Mobil Lebih Awet

Kompas.com - 01/06/2023, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hanya mobil saja yang perlu mendapat perawatan, namun perangkat penunjang saat berkendara seperti instalasi audio juga wajib mendapat perhatian.

Langkah perawatan audio lebih ke masalah kebiasaan atau perilaku penggunaannya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Tara, salah satu sales divisi Kiki Rotary Motor, yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan.

Menurutnya pengguna mobil wajib mematikan audio serta mengecilkan volume di saat akan menghidupkan atau mematikan mesin mobil.

Baca juga: Kemenperin Pastikan Pabrikan Jepang Ramaikan Pasar Motor Listrik

“Mematikan audio (sebelum mematikan mesin mobil) agar tidak cepat rusak memang benar, tapi ada yang harus ditambahkan yaitu mengecilkan volumenya terlebih dulu baru dimatikan audionya,” ucap saat ditemui Kompas.com, di Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2023).

Head Unit pada Suzuki Swift, bisa diganti produk aftermarket termasuk fungsi tombol di setir.Donny Apriliananda Head Unit pada Suzuki Swift, bisa diganti produk aftermarket termasuk fungsi tombol di setir.

Pasalnya, jika head unit tidak dimatikan terlebih dahulu, audio akan segera menyala saat mesin mobil dinyalakan. Hal ini tentu berpengaruh pada komponen di dalam head unit karena saat mobil menyala pertama kali tegangan arus listrik tidak stabil.

Selain itu, ketika menstarter mobil dan head unit menyala dengan pengaturan volume keras, bisa mempengaruhi umur speaker. Speaker yang tiba-tiba berteriak keras, membuat komponen terutama membran yang bergetar tidak bisa kembali ke posisi semula.

Baca juga: Terlalu Sempit, Pemerintah Mau Perluas Penerima Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta?

Ini merupakan langkah mudah yang dilakukan untuk membuat audio lebih awet. Jadi sebaiknya pastikan mengecilkan volume terlebih dahulu kemudian head unit dimatikan sebelum mobil berhenti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com