Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Binaan Astra di Daerah Tertinggal Raih Prestasi

Kompas.com - 30/05/2023, 09:33 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Mei, Astra menyelenggarakan Festival Pendidikan Astra 2023 dengan tema Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan dalam Keberagaman dan Kesetaraan sebagai salah satu wujud dukungan dalam bidang pendidikan yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Dr. Ir. Kiki Yuliati M.Sc, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah serta Eksekutif Grup Astra, serta turut hadir sekolah-sekolah di beberapa wilayah nusantara.

Lomba ini bertujuan untuk mempromosikan keunggulan pendidikan, mendukung inovasi dalam metode pengajaran, dan merayakan prestasi guru dalam berinovasi. Acara ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memamerkan media pembelajaran, presentasi karya ilmiah, dan keterampilan lainnya yang mereka peroleh selama proses pembelajaran.

Baca juga: Astra Credit Companies Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Yuk Daftar

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), Herawati Prasetyo mengatakan YPA-MDR telah melaksanakan pembinaan di daerah tertinggal dan saat ini sudah membuahkan hasil yang luar biasa.

“Pola pembinaan yang tepat sasaran berdampak pada peningkatan kemampuan guru – guru saat ini, saya sangat bangga atas pencapaian ini, dan berterima kasih kepada guru binaan yang telah berkontribusi serta menjadi juara inovasi karya guru tingkat nasional,’’ ujar Herawati.

Dalam lomba inovasi karya guru, Astra melalui YPA-MDR mengirimkan 14 Finalis guru binaan dan lolos sebagai juara yaitu, Juara 2 tingkat SD, Annisa Alifira Syaum dari Kalimantan Tengah SDN 1 Lemo III, Juara 1 tingkat SMP, Prihantoro dari SMPN 1 Rote Barat, Juara 3 tingkat SMP, Sri Purwanti SMPN 2 Gedangsari, Juara 3 tingkat SMK, Regina Henderina Porwata SMKN 1 Rote Barat.

Baca juga: Cetak SDM Siap Kerja, Astra Resmikan Kampus ASTRAtech di Cikarang

Mereka berhasil memperoleh penghargaan sebagai Juara dengan mengalahkan kurang lebih 8000 peserta dari seluruh Indonesia, hal ini merupakan pengakuan atas prestasi luar biasa mereka dalam berbagai kompetisi dan pertandingan yang diadakan serta menunjukkan keberhasilan dari pembinaan yang dilakukan oleh YPA-MDR.

Keberhasilan ini diharapkan menjadi semangat bagi guru – guru binaan yang dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi di lomba selanjutnya.

YPA-MDR berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia di wilayah tertinggal melalui pola pembinaan empat pilar yaitu akademi, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup yang adaptif, inovatif dan berdampak. Hingga saat ini pembinaan sudah dilakukan kepada 2.010 guru dan 27.268 siswa.

Baca juga: Astra Resmikan Sekolah dalam Acara Festival Generasi Cerdas di NTT

Program bantuan pendidikan YPA-MDR telah menyentuh 121 sekolah jenjang SD, SMP dan SMK sebagai konsep Sekolah Eskalator dan tersebar di 14 Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com