Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Kehadiran Mazda CX-60 di Indonesia

Kompas.com - 24/05/2023, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi Mazda di Indonesia memastikan bakal meluncurkan kendaraan baru dalam waktu dekat.

Ricky Thio, Managing Director PT EMI mengatakan, pihaknya bakal membawa calon line up kendaraan terbaru Mazda yang berada di segmen sport utility vehicle (SUV).

“Pastinya kendaraan yang kita hadirkan ada di segmen SUV, CX-60. Kalau di global itu kan banyak ada yang bensin dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle. Tapi belum tahu mana yang akan dibawa ke Indonesia,” ucap Ricky, saat ditemui Kompas.com, di kawasan BSD, Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Dipegang Rian Mahendra, PO Kencana Luncurkan Bus Tingkat Baru

Sementara itu, Pramita Sari, Marketing & Communication General Manager PT EMI menambahkan, kendaraan yang akan diluncurkan nantinya merupakan mobil paling premium dari Mazda.

Positioning kita sudah premium, dan sekarang saatnya kami memperkenalkan model all new dengan harga yang juga premium. Jadi berbanding lurus,” ucap Pramita.

Sebagai informasi, CX-60 sudah di jual secara global sejak Maret 2022.

Tampilan eksterior dari CX-60 yang meluncur di global memang nampak familiar, mirip dengan SUV Mazda lainnya. Meski begitu, banyak yang baru dari mobil ini mulai dari sisi eksterior, interior, hingga sektor mesin.

Mazda CX-60Dok. Mazda Mazda CX-60

Salah satunya adalah platform RWD yang disebut dengan Skyactiv Multi Solution Scalable Architecture. Tapi, terdapat juga setelan i-Activ AWD yang secara primer menggerakkan roda belakang.

Dengan penggerak AWD, terdapat tiga pilihan mesin. Ada pilihan bensin 6-silinder 3.000 cc e-Skyactiv X dan mesin diesel 6-silinder 3.300 cc e-Skyactiv D.

Lalu, ada juga versi PHEV. Versi PHEV yang menggabungkan mesin bensin naturally aspirated 2.5 L dengan motor elektrik. Mazda mengklaim tenaga yang dihasilkan mesin ini dapat mencapai 189 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 261 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk motor elektriknya sendiri, menyimpan tenaga sebesar 134 Tk dan torsi 250 Nm. Jika dikombinasikan, e-Skyactiv dapat menghasilkan tenaga hingga 323 Tk dan torsi sebesar 500 Nm.

Mazda juga mengklaim bahwa kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 5,8 detik. Sementara jika menggunakan teknologi PHEV, kecepatan maksimumnya dapat tembus 200 km/jam.

Mazda CX-60Dok. Mazda Mazda CX-60

Untuk mesin konvensionalnya saja, kecepatan CX-60 mencapai 140 km/jam Baterai yang digunakan memiliki spesifikasi 17,8 kWh.

Mobil ini dapat menempuh jarak hingga 63 km dengan motor elektriknya. Adanya baterai dan motor elektrik membuat total bobotnya mencapai 2.070 kg.

Menyoal fitur, Mazda menyematkan panel instrumen digital, tanpa jarum analog. Lalu, disediakan juga head unit berukuran 12,3 inci, panoramic sunroof, head-up display, 12 speaker Bose, dan lainnya.

Baca juga: Dipegang Rian Mahendra, PO Kencana Luncurkan Bus Tingkat Baru

Mazda akan memasarkan CX-60 di Jerman sebagai awalan. Ada empat trim, yakni Prime, Exclusive, Homura, dan Takumi. Sementara harganya, bervariasi mulai 47.390 euro (Rp 761 jutaan) hingga 52.890 euro (Rp 850 jutaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com