Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Proving Ground di Bekasi Siap Diresmikan Akhir 2023

Kompas.com - 22/05/2023, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalu Kementerian Perhubungan (Kemnenhub) sedang merampungkan proyek fasilitas proving ground untuk pengujian kendaraan baru.

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kemehub, mengatakan, fasilitas proving ground ini bakal jadi yang terbesar di Asia, atau paling tidak nomor 2 di Asia.

“Akhir tahun ini soft launching, kemudian tahun depan sudah grand launching. Kita sudah punya test track nanti,” ujar Dewanto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (20/5/2023).

Baca juga: Bunyi Klakson Telolet Bikin Sopir Bus dan Sopir Angkot Ribut

Proving Ground Uji Kendaraan di BekasiKemenhub Proving Ground Uji Kendaraan di Bekasi

Insha Allah tahun 2025, Indonesia sudah punya fasilitas pengujian tipe yang lengkap, minimal setara dengan di Jepang,” kata dia.

Untuk diketahui, proving ground dapat meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

Baik dari sektor keselamatan dan keamanan (safety), kenyamanan, serta rendah emisi karbon sehingga lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Jangan Abai, Ini Akibatnya kalau Radiator Diisi Air Mineral

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Kara Sumadi, berharap agar kerja sama pembangunan proving ground akan semakin meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang, yang sudah terjalin baik selama 65 tahun.

"Pembangunan proving ground mempunyai arti yang sangat strategis guna memenuhi kebutuhan produk otomotif baik di dalam negeri maupun untuk pasar ekspor," kata Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulis (2/3/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com